Sukses

Gempa Guncang Banten, Pengguna Jalan di Serang Hentikan Kendaraan

Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Banten hingga Jakarta.

Liputan6.com, Serang - Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Banten hingga Jakarta. Warga Serang, Banten merasakan guncangan yang cukup kuat hingga berhamburan ke luar rumah dan bangunan kantor.

"Saya lagi enak-enak tidur, goyang, saya kira kenapa, tahunya gempa," kata Iman, penghuni kosan di daerah Cipocok, Kota Serang, Banten, Jumat (2/8/2019).

Begitupun yang dirasakan Dimas, dia menghentikan laju mobilnya ketika merasakan guncangan gempa saat akan pulang ke rumahnya.

"Saya pikir ban mobil saya masalah, tahunya gempa," ujar Dimas, saat ditemui di lokasi yang sama, Jumat.

Bahkan Banco, pengendara sepeda motor dari Lebak menuju Tigaraksa, Kabupaten Tangerang pun ikut menghentikan kendaraannya. Dia merasakan guncangan gempa yang kuat.

"Pas saya jalan kan goyang, saya enggak tahu kenapa tadinya. Tahunya ada gempa pas dicek," ujar Banco.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirasakan hingga Jabar

Gempa sendiri dirasakan hingga wilayah Jawa Barat, seperti yang dikatakan oleh Aryo Wibisono, mahasiswa dari Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani). 

"Kenceng banget. Lagi di dalam kosan, kaget," ujar Aryo, melalui sambungan selulernya, Jumat.

Begitupun mahasiswa dari Untirta Banten yang sedang melakukan KKN di Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak. Kelompok KKN nya keluar posko lantaran kaget.

"Iya kerasa kenceng banget. Keluar semua teman-teman juga," kata Zainatus Sollihati, salah satu mahasiswa KKN dari Untirta, melalui pesan singkatnya, Jumat (2/8/2019).

BMKG merilis gempa berkekuatan M 7,4 yang terjadi sekitar pukul 19.03 WIB. Lokasinya berada di 147 km Barat Daya Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. Gempa tersebut berpotensi tsunami. Tsunami sendiri pernah menghantam pesisir Banten pada 22 Desember 2018 silam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa Jakarta