Sukses

Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4,9

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Pangandaran pada pukul 10.44 WIB, Sabtu (27/7/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Pangandaran pada pukul 10.44 WIB, Sabtu (27/7/2019).

Gempa tersebut berada di kedalaman 12 kilometer. Pusat lindu berada pada jarak 78 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi, merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup ke bawah lempeng Eurasia.

Hendro menyebutkan dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Jawa Barat dengan skala intensitas III MMI, sementara di Cilacap, Jawa Tengah dengan skala intensitas II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujar Hendro dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Sabtu, 27 Juli 2019.

Hendro melanjutkan hingga laporan ini dibuat pukul 11.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan pada Masyarakat

Hendro mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Untuk itu, masyarakat diminta memastikan informasi resmi gempa bumi dengan skala berkekuatan kurang dari lima, hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website http://balai2.bmkg.go.id/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.