Sukses

Pencari Suaka Asal Afghanistan Dipindah ke Lahan Bekas Kodim Jakbar

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi melepas kepergian para pencari suaka asal Afghanistan dari Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat untuk kembali ke Kalideres, Jakarta Barat.  

Edi menjelaskan, pihaknya batal memindahkan para pencari suaka ke Jakarta Islamic Center (JIC) lantaran jumlahnya yang semakin banyak. 

"Tadinya kan mau ke Jakarta Islamic Center. Tapi karena makin lama makin banyak akhirnya ditempatkan di eks Kodim, Jakarta Barat, di Kalideres," ujar Edi di Kantor UNHCR, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (11/7/2019). 

Meski begitu, dia memastikan agar pencari suaka mendapatkan tempat yang layak untuk menetap sementara. Prasetio juga menegaskan bahwa para pencari suaka tetap tanggung jawab pihak UNHCR, bukan Pemprov DKI. 

Pemprov DKI hanya akan membantu dan memfasilitasi bila diminta oleh UNHCR. Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah menjelaskan, saat ini para pencari suaka akan ditempatkan di tenda-tenda. 

"Sepertinya di Kalideres, ada di aset kita. Makanya saya mau cek ke sana kesiapan tendanya, paling tidak kemudian MCK dan air. Itu di tanah aset Pemda, tetapi kita tempatkan di tenda-tenda," tuturnya. 

Pantuan Liputan6.com, para pencari suaka sudah mulai memasuki bus yang akan mengangkut mereka ke wilayah relokasi sejak pukul 15:20 WIB.

2 dari 3 halaman

Wajah Berbinar Para Pencari Suaka

Ratusan pencari suaka terpantau berbaris menunggu perintah masuk ke dalam bus yang akan membawanya ke tempat baru. Wajah mereka terlihat berbinar penuh harapan.

Massoome (27) bersama dengan anak perempuannya nampak berdiri di pinggir jalan sambil tersenyum. Dia lalu melambaikan tangan untuk mengucap salam.

“Hari ini saya pindah, tapi belum tahu ke mana,” ujar Massoome kepada Liputan6.com di lokasi.

“Saya masih menunggu, tapi saya harap saya dipindah bisa dapat tempat tinggal,” lanjutnya seraya memakaikan sandal kepada anaknya.

Sementara petugas Satpol PP dengan sabar menata kantong-kantong plastik besar milik para pencari suaka ke dalam bus.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Senyum Pencari Suaka Saat Direlokasi dari Kebon Sirih
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Koordinasi dengan Kemenlu Terkait Pencari Suaka Asal Afghanistan