Sukses

Senyum Pencari Suaka Saat Direlokasi dari Kebon Sirih

Liputan6.com, Jakarta - Pencari suaka asal Afghanistan yang menempati trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta, akhirnya direlokasi ke lahan Eks Kodim, Jakarta Barat, menggunakan bus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada sore hari ini, Kamis (11/7/2019).

Pantauan Liputan6.com, ratusan pencari suaka telah berbaris serta duduk menunggu untuk ditempatkan ke dalam bus masing-masing. Wajah mereka terlihat berbinar penuh harapan.

Massoome (27) bersama dengan anak perempuannya nampak berdiri di pinggir jalan dengan tersenyum. Dia lalu melambaikan tangan untuk mengucap salam.

“Hari ini saya pindah, tapi belum tahu ke mana,” ujar Massoome kepada Liputan6.com di lokasi.

“Saya masih menunggu, tapi saya harap saya dipindah bisa dapat tempat tinggal,” lanjutnya seraya memakaikan sandal kepada anaknya.

Petugas Satpol PP dengan sabar menata kantong-kantong plastik besar milik para pencari suaka ke dalam bus.

 

 

2 dari 3 halaman

Anak Memeluk Tas

Beberapa kantong plastik sempat robek karena tidak layak pakai, tapi para petugas dengan tersenyum membantu untuk merapikannya. Anak-anak kecil juga tidak ketinggalan memeluk tas yang berisikan harta benda mereka satu-satunya.

Meski jalanan sepanjang Kebon Sirih menjadi macet, tidak ada satu pun pengendara yang membunyikan klaksonnya. Sesekali, mereka melongokkan kepala dari dalam kendaraan untuk melihat proses relokasi pencari suaka.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Koordinasi dengan Kemenlu Terkait Pencari Suaka Asal Afghanistan
Artikel Selanjutnya
Sekda DKI Sebut Kemungkinan Pencari Suaka di Kebon Sirih Dikembalikan ke Kalideres