Sukses

Pemprov DKI Koordinasi dengan Kemenlu Terkait Pencari Suaka Asal Afghanistan

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menegaskan pihaknya sangat mengedepankan sisi kemanusiaan dan ketertiban umum.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih terus membahas relokasi pencari suaka asal Afghanistan yang menempati trotoar sepanjang Jalan Kebon Sirih, Jakarta.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menegaskan pihaknya sangat mengedepankan sisi kemanusiaan dan ketertiban umum terhadap para pencari suaka tersebut.

"Mungkin nanti siang ada keputusannya. Ini kami lagi koordinasikan terus. Sebenarnya dari sisi Pemprov DKI persoalannya adalah kemanusiaan, kedua soal ketertiban umum,”  tutur Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Dia menyatakan, Pemprov DKI Jakarta juga akan kembali berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan United Nations High Commissioner for Refugee (UNHCR). Keputusan pun akan diberikan siang ini.

Menurutnya, kemungkinan besar para imigran tersebut tidak akan ditempatkan di Jakarta Islamic Center (JIC) sebagaimana yang disebutkan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi sebelumnya.

"Sepertinya tidak di sana ya. Nanti keputusannya siang ini," dia mengakhiri.

Sebelumnya, sekitar 260 pencari suaka sudah menempati trotoar sepanjang Jalan Kebon Sirih, Jakarta selama sekitar dua minggu. Mereka mendirikan tenda di malam hari dan menjemur pakaian di atas trotoar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.