Sukses

Sandiaga Sambangi Susi Pudjiastusi di Pangandaran, Bincang Apa?

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno menyambangi kediaman mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno menyambangi kediaman mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat.

Pada kesempatan ini, Sandiaga berbincang santai dan melontarkan sejumlah pertanyaan. Mereka  membahas sejumlah hal mulai dari cerita sukses Susi menjadi pengusaha hingga masuk kabinet.

Sandiaga mengaku sangat mengidolakan Susi. Sejak keduanya bertemu untuk pertama kalinya sekira 11 tahun yang lalu dalam sebuah undangan World Bank. Padahal, Susi sendiri tidak menyelesaikan sekolah formalnya.

“Saya sangat mengidolakan kewirausahaan ibu. Jadi tantangan itu jadi motivasi untuk mencapai yang lebih tinggi lagi,” kata Sandi dalam wawancara dengan Susi yang dipublikasikan di channel Youtube Sandiuno TV dikutip Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Sandi bertanya kepada Susi terkait transformasi dirinya dari pengusaha lalu kemudian duduk di kabinet.

Susi pun menjawab bahwa dirinya memanfaatkan kesempatan itu untuk memperbaiki regulasi suapaya masyarakat, terutama nelayan sejahtera.

“Ya, saya ingin membenahi regulasi yang tidak betul supaya benar sehingga semua orang punya kesempatan yang sama dalam berusaha. Kita sebagai pemangku aturan, saya pikir kita harus kembali pada sila Pancasila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itulah prinsip saya yang saya lakukan,” ujar Susi.

Sandi juga turut meminta pandangan Susi terkait kondisi pandemi yang dihadapi Indonesia khususnya dan dunia secara umum.

“Menurut Ibu, Covid-19 ini apa hikmahnya, Bu? Buat Ibu dan masyarakat sekitar,” tanya Sandiaga. Susi yang merupakan pemilik maskapai Susi Air ini menilai Covid-19 yang terjadi saat ini telah menyebabkan krisis ekonomi dan krisis kesehatan.

"Covid-19 ini hal yang terjadi menyebabkan krisis ekonomi dan krisis kesehatan. Tapi, kita tidak boleh depresi, tidak boleh tertekan, ya,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SAran UMKM

Selanjutnya, Sandiaga meminta saran dari Susi agar pengusaha Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) yang omzetnya turun di masa pandemi ini bisa bangkit dan bisa menyesuaikan dengan normal baru.

"Saya pikir yang paling penting harus punya rasa selalu optimis. Walaupun tidak boleh terlalu ambisius karena keadaan sekarang tidak terlalu bagus. Jadi, ya, optimis tetap berusaha, tapi jangan terlalu ngoyo yang bikin anda stres, dan staminanya turun dan akhirnya sakit,” ujar Susi.

Untuk bantuan kepada masyarakat yang tedampak covid-19, baik Sandi maupun Susi sepakat untuk diberikan bantuan langsung secara tunai. Bukan dalam bentuk paket sembako karena kalau dalam bentuk sembako rawan terjadinya korupsi atau mark up oleh birokrasi.

“Saya sepakat, Bu, kalau cash itu nyampe ke tangan ibu-ibu, emak-emak, atau bapak-bapak, mereka bisa beli sesuai dengan kebutuhannya dan kadang-kadang mereka butuh biaya listrik dan lain-lain," pungkas Sandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.