Sukses

AHY: Pidato Jokowi saat Pemakaman Ibu Ani Buat Kami Meneteskan Air Mata

Jokowi yang saat itu menjadi Inspektur Upacara, menyebut bahwa Ani Yudhoyono dengan sebutan 'flamboyan'.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di hari pertama Lebaran Idul Fitri. AHY memuji pidato 'flamboyan' Jokowi saat pemakaman sang ibunda, Ani Yudhoyono beberapa waktu lalu.

Jokowi yang saat itu menjadi Inspektur Upacara, menyebut bahwa Ani Yudhoyono dengan sebutan 'flamboyan'. AHY mengatakan pidato mantan Gubernur DKI Jakarta itu sangat mengharukan dan menyentuh hati.

"Tentu pidato beliau juga yang sangat mengharukan menyentuh hati kami bahkan menggunakan istilah 'flamboyan telah pergi, tetapi akan selalu di hati'. Kami meneteskan air mata," kata AHY usai bersilaturahmi dengan Jokowi-Iriana di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Menurut dia, 'flamboyan' merupakan panggilan dari sang ayah yang merupakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Ani sejak menjadi taruna di Akademi Militer. SBY, kata AHY, juga pernah membuat puisi untuk Ani dengan judul 'Flamboyan'.

"Itu menghadirkan kembali banyak sekali memori kenangan bahwa memang Ibunda Ani itu seorang yang teguh kuat, inspiratif, dan Insya Allah selalu menyayangi keluarga serta masyarakat Indonesia dimanapun berada," jelasnya.

"Jadi saya ucapkan terimakasih sekali lagi kepada beliau yang telah berkenan memberikan sambutan ataupun salam perpisahan mewakili seluruh rakyat Indonesia," sambung AHY.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terasa Berbeda

AHY halalbihalal dengan Jokowi bersama adiknya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas serta istri mereka berdua, Annisa Pohan dan Siti Ruby Aliya Rajasa. Sebelum bertemu Jokowi, AHY mengatakan dirinya dan keluarga SBY terlebih dahulu berziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

AHY mengakui lebaran kali ini terasa berbeda lantaran tanpa kehadiran sang ibunda.Kendati begitu, dia mengaku secara bersamaan keluarga semakin mengikhlaskan kepergian Ani Yudhoyono yang sudah berada di tempat yang lebih baik dan bahagia.

"Semoga kami sekeluarga ini bisa tegar dan bisa menjalani kehidupan baru tanpa Ibu Ani," ujar AHY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.