Sukses

BPN Ungkap Tujuan Prabowo Pergi ke Brunei Darussalam

Liputan6.com, Jakarta - Kordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan tujuan Prabowo Subianto ke Brunei Darussalam. Dia menegaskan, kunjungan Prabowo ke Brunei pada 16 Mei 2019 hanya untuk silaturahmi.

"Saya menjawab bahwa tidak benar, itu hoaks, itu foto lama yakni Rabu 16 Mei 2019. Hanya satu hari pulang-pergi, tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam," ujar Dahnil saat dikonfirmasi, Minggu (19/5/2019).

Dahnil mengaku heran, kenapa kunjungan Prabowo ke Brunei bikin publik heboh. Bahkan tersiar kabar miring bahwa mantan Danjen Kopassus itu kabur ke luar negeri.

"Pak Prabowo ke Brunei bahkan berkembang fitnah beliau ke luar negeri kabur," ucapnya heran.

Dahnil saat dikonfirmasi wartawan pada 17 Mei 2019 menyatakan bahwa Prabowo tidak berada di luar negeri. Dia menegaskan bahwa tidak ada informasi dari BPN Prabowo-Sandi yang missleading. Sebab yang ditanyakan adalah hari itu (17 Mei) Prabowo ke luar negeri atau tidak.

Kepala Subbagian Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando sebelumnya mengatakan, kepergian Prabowo ke Brunei dilakukan pada 16 Mei 2019. Dijelaskannya, Prabowo bertolak dengan pesawat pribadi dan kembali di hari yang sama pada malam harinya.

"Ya benar, beliau menggunakan pesawat pribadinya 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. Kalau dari manifesnya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau. Beliau arrived (tiba kembali di Tanah Air) pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12 WIB," kata Sam saat dikonfirmasi.

2 dari 3 halaman

Bantah Prabowo ke Brunei

Sebelumnya, Dahnil Anzar membantah Prabowo Subianto pergi ke Brunei Darussalam. Hal ini dikatakan Dahnil terkait foto Prabowo Subianto yang tengah berada di bandara yang diduga di Brunei Darussalam beredar.

Dahnil mengatakan, foto yang beredar tersebut merupakan gambar lama. Dahnil menambahkan, sejak Jumat 17 Mei 2019 hingga malam, Prabowo berada di kediamannya, Kertanegara, Jakarta.

"Siang tadi Pak Prabowo Salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti Seword ini," tulis Dahnil dalam akun twitternya, Jumat, 17 Mei 2019.

Dalam foto tersebut, tampak Prabowo bersama Waketum Gerindra Sugiono dan Ustaz Sambo. Prabowo tampak mengenakan setelan jas hitam dan berkacamata hitam.

Sementara itu, Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade juga mengatakan, Prabowo ada di Kertanegara, Jakarta hingga Jumat malam 17 Mei 2019.

"Iya, kalau malam tidur di Hambalang. Siang atau sore nyampe di Kertanegara, kalau malam balik lagi," kata Andre saat dihubungi Liputan6.com.

Dia pun menegaskan, Prabowo masih berada di Indonesia, bukan di luar negeri. "Saya nggak tahu kalau Kivlan Zen, tapi yang jelas Pak Prabowo itu masih di Indonesia," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Real Count KPU Tembus 90 Persen, Berapa Suara Jokowi Vs Prabowo?
Artikel Selanjutnya
Manifest Pesawat Prabowo ke Brunei Beredar, Ini Daftar Penumpangnya