Sukses

Kader Jumantik Sebar Ikan Cupang untuk Berantas DBD

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan kader Jumantik Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, menyisir sejumlah lokasi yang ditengarai sarang nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD). Selain di rumah-rumah penduduk, penyisiran sarang nyamuk juga dilakukan di sekolah dan rumah ibadah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (9/2/2019), kamar mandi dan tempat-tempat penampungan air menjadi fokus penyisiran dan pemeriksaan kader Jumantik. Dari hasil penyisiran selama satu jam, petugas menemukan beberapa jentik nyamuk penyebab demam berdarah.

Selain menebar bubuk abate dan ikan cupang, warga juga diimbau untuk menanam tumbuhan seperti bunga lavender dan daun sereh, karena mampu mengusir nyamuk dari aroma yang dikeluarkan.

"Tadi sempat ditemukan jentik di satu rumah warga, kita atasi dengan menggunakan ikan cupang," kata Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.

Ikan cupang juga dianggap manjur untuk mengusir nyamuk. Saat ini, menyebar ikan cupang cukup ampuh untuk memberantas jentik nyamuk.

Hal ini menjadikan para penjual ikan cupang meraup untung berlipat karena permintaan ikan tersebut meningkat, seperti yang dirasakan para penjual ikan cupang di Tegal. (Rio Audhitama Sihombing)