Sukses

Sempat Gagal, Jokowi: Panen Udang Vaname di Muara Gembong Capai 5 Ton

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyebut panen raya udang vaname di tambak warga yang ikut program perhutanan sosial di Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mencapai 5 ton. Kendati begitu, Jokowi mengatakan awalnya budidaya udang di lokasi tersebut berkali-kali mengalami kegagalan.

"Ini kita dulu tebar benih memulai memperbaiki lingkungan di sini itu November (2017). Dulu pikiran kita di Februari bisa panen, ternyata gagal. Nanti tanya ke petaninya, gagal," ujar Jokowi di Muara Gembong Jawa Barat, Rabu (30/1/2019).

Setelah gagal panen pada percobaan pertama, Jokowi mengatakan para petani kembali menabur benih. Menurut dia, pada percobaan kedua itu para petani hanya bisa memanen udang vaname sebanyak 2 ton.

"Yang ketiga ini diperkirakan nanti akan dapat kira-kira 5 ton. Itu sudah pada posisi yang normal. Saya senang ini sempat gagal, buat belajar. Namanya usaha kan gak harus langsung berhasil," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta menjelaskan budidaya udang vaname bukanlah hal yang mudah. Dia menuturkan petambak harus memerhatikan lingkungan, suhu, dan oksigen.

"Coba tanya, nungguin sehari berapa jam? 24 jam untuk udang itu. Dari KKP juga 24 jam nungguin di sini," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

11 Ribu Hektare

Sampai saat ini, kata Jokowi, baru sekitar 11 ribu hektare lahan yang dimanfaatkan warga untuk tambak udang. Pemerintah setidaknya telah menyiapkan sekitar 80,9 ribu hektare lahan.

Jokowi melanjutkan para petambak harus mengeluarkan modal awal sekitar Rp180 juta untuk setiap hektare. Namun, pada saat panen mereka bisa mengantongi uang sekitar Rp310 sampai Rp320 juta.

"Jadi ini untuk 1 hektare kurang lebih 180 juta. Kemudian tadi dihitung kalau panen dapatnya kira-kira Rp310 sampai Rp320 juta. Artinya ada margin keuntungan sekali panen itu Rp 120 jutaan kurang lebih. Ini kan duit gede banget," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi