Sukses

Kisah Cinta Ahok yang Bersemi di Penjara

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan keluar dari penjara pada Kamis, 24 Januari 2019. Bebasnya Ahok ini usai dirinya menjalani hukuman 2 tahun penjara dikurangi remisi 3 bulan 15 hari di Mako Brimob.

Meski masih beberapa hari lagi, namun kabar soal apa yang akan dilakukan Ahok jika bebas nanti sudah banyak beredar.

Mulai dari jadi pembicara di berbagai acara, undangan ke luar negeri, menjadi politikus, hingga liburan bersama keluarga.

Namun yang paling menarik perhatian adalah rencana pernikahan sang mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Ahok memang kini menduda usai bercerai dengan istrinya, Veronica Tan pada Rabu, 4 April 2018.

Keputusan tersebut menyusul ketuk palu Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang mengabulkan gugatan cerai Ahok kepada Vero.

Kini, saat dirinya masih berada di balik jeruji besi, justru kabar pernikahan dirinya setelah bebas nanti mencuat dan sempat ramai diperbincangkan. Ahok disebut akan menikahi seorang Polwan bernama Bripda Puput Nastiti Devi.

Usut punya usut, rupanya Puput merupakan mantan pengawal Veronica Tan. Lalu, di mana saat ini dia bertugas? Dalam pesan yang beredar di jagad maya, Puput disebut bertugas sebagai Banum Urpers Subbagrenmin Yanma Polri.

Ketika dikonfirmasi, belum ada yang membenarkan hal tersebut. Kepala Yanma (Kayanma) Mabes Polri, Kombes Pol Yudi mengatakan bahwa Puput dulu pernah bertugas di Polda Metro Jaya.

2 dari 5 halaman

Bersemi di Penjara

Mantan tim sukses Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul, mengungkap polwan yang akan dinikahi Ahok adalah mantan ajudan Veronica Tan yang bertugas ketika Ahok masih menjabat sebagai Gubernur DKI.

Benih cinta keduanya tumbuh karena Puput kerap mengirimkan makanan saat Ahok di dalam sel Mako Brimob.

"Dia yang melayani Ahok selama ini, seperti konsumsinya (makanan di penjara)," kata Ruhut, Rabu, 5 September 2018.

Ruhut juga mengaku telah diperlihatkan foto calon istri Ahok oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

"Menurut kita semua, calon Ahok cantik. Cocoklah sama Ahok yang sekarang sudah tampil macho," ujar Ruhut.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi membenarkan kabar rencana eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan seorang polwan.

"Kalau mau married (menikah), iya gitu," kata Prasetyo Edi di kantor DPRD DKI Jakarta, Kamis, 6 September 2018.

Prasetyo menyebut keinginan Ahok untuk menikah kembali pernah disampaikannya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.

"Dia ngobrol dengan Pak Djarot, aku mau cari istri, mungkin pas lewat itu orang (polwan), kamu yang bisa ngayomi orang Jawa, orang apa, ini (polwan) orang Nganjuk. Sudah itu saja," ucap dia.

Karena hal itulah, menurut Prasetyo Edi, Ahok akhirnya dijodohkan oleh Djarot dengan polwan berinisial P dan berumur 21 tahun. Dia juga menyebut saat ini sosok P tengah bertugas di Polda Metro Jaya.

Dia melanjutkan, Ahok akan melangsungkan pernikahan setelah menyelesaikan masa hukumannya selesai.

"Nanti setelah dia mengeluarkan masalah hukumnya," Prasetyo menjelaskan.

 

3 dari 5 halaman

Keluarga Serahkan Keputusan pada Puput

Bripda Puput Nastiti Devi, yang dikabarkan akan dinikahi Ahok merupakan anak sulung dari pasangan Teguh Suryono dan Lilis Wijayanti. Teguh akan menyerahkan keputusan kepada Puput.

"Intinya yang terbaik buat anak aja. Kalau itu yang terbaik ya kita setuju saja. Yang penting tergantung anak," ujar Teguh ketika ditemui di kediaman di kawasan Cimanggis, Sabtu, 8 September 2018.

Yang jelas, keluarga pun mengaku kaget mendengar informasi tersebut. Ia mengaku justru baru tahu kabar itu dari media sosial. Perihal kebenarannya, Teguh malah tak tahu.

"Saya kaget terlebih banyak saudara yang menanyakan kebenaranya," kata Teguh.

Teguh pun menyatakan, tidak dapat berkomentar lebih jauh. Apalagi, sejauh ini anaknya belum pernah bercerita soal hubungan asmara dengan Ahok.

"Puput tidak pernah curhat secara mendalam. Makanya kalau ditanya soal itu (hubungan Puput dengan BTP), saya tidak pernah tahu," ucap dia.

Meski begitu, Teguh menilai Ahok sebagai figur yang baik, sama seperti orang-orang pada umumnya. "Pak Ahok orangnya baik," kata Teguh.

 

4 dari 5 halaman

Jawaban Ahok

Ahok, melalui timnya, menyampaikan kejelasan tentang kabar pernikahannya lewat media sosial.

"Diposting oleh Tim BTP. Ada pesan BTP dari Mako Brimob," tulis tim Ahok dalam akun Twitter @basuki_btp, Jumat, 7 September 2018.

Pada twit itu, tim BTP menyertakan foto yang berisi pernyataan Ahok soal pernikahannya dengan seorang polwan. Ahok juga menjawab sejumlah pertanyaan netizen tentang isu perpindahan agama terkait rencana pernikahan tersebut.

"Terkait opini pemberitaan yang beredar akhir-akhir ini, BTP mengatakan akan menjawab sendiri mengenai semua hal itu ketika bebas nanti," kata Ahok.

Namun, dia memastikan, Ahok masih sama seperti yang dulu. Tidak akan ada yang berubah dari dirinya.

"Yang pasti BTP yang sekarang masih sama seperti BTP yang dulu, yang taat kepada agama dan konstitusi. Dan saat ini BTP sedang belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik bagi dirinya sendiri, keluarga, dan masyarakat."

Menurut kakak angkat Ahok, Andi Analta Amier, sang adik tidak terpengaruh dengan isu-isu yang berkembang terkait kabar rencana pernikahan tersebut. Ia mengatakan, mantan Bupati Belitung Timur itu justru dalam kondisi baik dan bahagia.

"Ahok baik, gemukan," kata Andi saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 9 September 2018.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Potret dan Sejarah Kota Tertua di Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Ini yang Dilakukan Ahok Setelah Bebas, Menikah?
Artikel Selanjutnya
Menunggu Kembalinya BTP, The New Ahok