Sukses

Kemhan: 3 Hal Ini Harus Dibela Warga Indonesia

Kemhan menyatakan, ada lima nilai pokok yang ingin dicapai dalam setiap pembinaan bela negara.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertahanan menyatakan, terdapat tiga hal utama yang harus dibela oleh setiap warga negara Indonesia (WNI), yakni kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.

Pernyataan disampaikan Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan RI di Provinsi Sulawesi Selatan Brigjen TNI Wahyu Agung Prayitno saat upacara pembukaan Latihan Bela Negara Angkatan IV bagi aparatur pemda, instansi vertikal dan organisasi massa Kabupaten Bone di rumah jabatan Bupati Bone.

"Tujuan pelatihan bela negara ini adalah untuk membentuk dan memperkokoh sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Tanah Air, bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata Wahyu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Seperti dilansir Antara, Wahyu menambahkan, setiap upaya pembinaan bela negara merupakan wujud dari penyelenggaraan pertahanan negara.

Ada lima nilai pokok yang ingin dicapai dalam setiap pembinaan bela negara, yaitu cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Dia berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat menjadikan kegiatan itu sebagai ajang untuk mengembangkan diri sebagai warga negara yang tangguh, ulet dan setia kepada bangsa dan negara sesuai peran dan profesi masing-masing dalam lingkungan masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Tangkal

Selain itu juga sebagai bagian integral daya tangkal bangsa ketika berhadapan dengan berbagai bentuk ancaman yang senantiasa berkembang semakin kompleks dan multidimensi.

Latihan Bela Negara merupakan kerja sama antara Perwakilan Kementerian Pertahanan RI di Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemda Kabupaten Bone dan Kodim 1407/ Bone.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Bone Andi Pashar M Padjalangi, Wakil Bupati Bone Ambo Dalle Forkopinda Kabupaten Bone, Kasrem141/TP dan Kakesbangpol Bone Dray Vebrianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.