Sukses

Kakek Anies Baswedan Dapat Gelar Pahlawan Nasional dari Jokowi

Liputan6SCTV, Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November besok, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh di Istana Negara, Kamis siang, 8 November kemarin. Salah satunya adalah Abdurrahman Baswedan, yang tak lain adalah kakek dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (9/11/2019), wafat 32 tahun silam, Abdurrahman Baswedan adalah seorang jurnalis, sastrawan, diplomat, dan juga pejuang kemerdekaan. Abdurrahman Baswedan pernah menjabat Wakil Menteri Muda Penerangan pada Kabinet Sjahrir, anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI, serta anggota dewan konstituante.

Tokoh asal Yogyakarta itu juga merupakan salah satu diplomat yang berhasil mendapatkan pengakuan kemerdekaan Indonesia dari Mesir. Sebagai cucu, Anies Baswedan mengenang sosok sang kakek sebagai jurnalis yang mewariskan tulisan dan pemikiran bagi perjuangan kemerdekaan.

Selain Abdurrahman Baswedan, tokoh lain yang juga mendapat gelar Pahlawan Nasional di antaranya, Tokoh Muhammadiyah Kasman Singodimejo, pejuang kemerdekaan dari Bangka Belitung Depati Amir, Pangeran Mohammad Noor dari Kalimantan Selatan, Kiai Haji Syam'un dari Banten, dan Andi Depu dari Sulawesi Barat. (Galuh Garmabrata)