Sukses

Mendikbud Siapkan Tenda Darurat untuk Sekolah Korban Gempa Sulteng

Dalam dua tahun, baru akan dibangun sekolah-sekolah permanen baru. Pembangunannya nanti akan mengikuti sistem zonasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan mendirikan kelas darurat berupa tenda-tenda standar UNICEF untuk masa awal pemulihan usai gempa Palu dan Donggala.

"Tenda-tenda seperti ini juga sudah didirikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan satu tenda bisa digunakan untuk enam kelas," ujar Muhadjir di Makassar, Jumat 5 Oktober 2018.

Tenda seharga Rp 30 juta ini bisa bertahan digunakan selama satu tahun. Setelahnya akan dibangun sekolah darurat yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tapi kan Kementerian PUPR pekerjaannya juga banyak. Untuk jaga-jaga, sekolah darurat kita juga bisa dipakai," ujar Muhadjir dikutip dari Antara.

Dalam dua tahun, baru akan dibangun sekolah-sekolah permanen baru. Pembangunannya nanti akan mengikuti sistem zonasi.

Namun, Muhadjir mengaku belum mengetahuinya darimana anggaran tersebut. Ini karena sudah tidak ada anggaran khusus yang bisa dialokasikan.

"Kita tidak mengira akan ada gempa lagi, jadi saya belum bisa pastikan berapa anggarannya. Tidak ada anggaran khusus, nanti kita coba sisir anggaran di Kementerian," lanjutnya.

Ia juga mengatakan dirinya ingin melihat langsung secara utuh persoalan yang dihadapi pascabencana di Sulawesi Tengah, untuk memberikan solusi tepat.

"Turun ke lapangan perlu, untuk melihat secara utuh persoalan yang dihadapi, terutama di sektor pendidikan seperti apa. Supaya tahu perlakuan yang harus dilakukan itu apa," kata Muhadjir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Lokasi Gempa

Selain hendak meninjau kondisi murid-murid, sekolah-sekolah dan fasilitas pendidikan terdampak gempa, tsunami dan likuifaksi di Sulteng, Mendikbud mengatakan pihaknya juga membawa beberapa bantuan yang biasanya memang dibutuhkan pascabencana.

Mendikbud dijadwalkan akan bertolak ke Palu, Sabtu hari ini dengan pesawat TNI AU melalui Makassar. Rencananya menteri akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota bersama Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Selanjutnya, Mendikbud akan meninjau sekolah yang terdampak gempa di Kota Palu dan sekitarnya. Dan ditutup dengan koordinasi penanganan yang akan dilakukan sebelum meninggalkan Sulteng. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.