Sukses

3 Cara Sandiaga Uno Bantu Jokowi Selamatkan Rupiah

Sandiaga mengaku diingatkan Prabowo Subianto agar tidak menyalahkan pemerintah terkait melemahnya nilai tukar rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (US$) makin melemah, angkanya nyaris menyentuh Rp 15.000 per US$.

Namun, Sandiaga mengaku diingatkan Prabowo Subianto agar tidak menyalahkan pemerintah terkait melemahnya nilai tukar rupiah.

Sandiaga juga diminta untuk tidak mengeluarkan komentar negatif yang menyerang pemerintah khususnya kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sandiaga pun berinisiatif untuk membantu pemerintah mengatasi pelemahan rupiah ini. Berikut 3 upaya Sandiaga membantu Presiden Jokowi atasi pelemahan rupiah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tukar Dolar

Sandiaga memutuskan mengkonversi aset dolar yang dimiliki sebanyak 35 persen. Hal tersebut dia lakukan untuk menaikkan nilai tukar rupiah. Dia sudah menukarkan uang dolarnya sebesar US$ 1.000 ke rupiah di money changer Dua Sisi, Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga mengajak Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mencontoh langkahnya dalam rangka menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang sempat menembus angka Rp 15.000.

"Ini bentuk kepedulian dan saya berharap ini diikuti juga mulai dari pimpinan tertinggi republik ini mulai dari Pak Presiden, sampai pada pengusaha-pengusaha, juga emak-emak," katanya.

3 dari 4 halaman

2. Imbau Penguasaha Tukar Dolar

Sandiaga menyebut dengan menukarl dolar dapat membantu menekan laju nilai tukar yang terus meningkat. Ia juga meminta para pengusaha dan konglomerat lain ikut menukarkan dolar mereka.

"Untuk konglomerat, saya sudah mengkonversi simpanan saya ke rupiah, ini waktunya sama-sama membela negara, jangan sampai terpecah belah. Spekulan banyak, jangan mau kita terkecoh, apalagi mereka banyak akalnya dari pada akhlaknya," kata Sandi.

Selain pengusaha, mantan Wagub DKI Jakarta ini juga mengajak para politikus khususnya anggota DPR menukar dolar ke rupiah.

"Politisi juga pasti kalau kunjungan ke luar negeri masih ada sisa dolar. Yuk kita gunakan secara masif melakukan gerakan ini. It's simple tapi ini menunjukkan kecintaan kita kepada bangsa dan negara," pesannya.

4 dari 4 halaman

3. Jangan Tekan Pemerintah

Sandi mengaku diingatkan Prabowo Subianto agar tidak menyalahkan pemerintah terkait melemahnya nilai tukar rupiah. Sandiaga juga diminta untuk tidak mengeluarkan komentar negatif yang menyerang pemerintah khususnya kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Tadi itu kita dikatakan jangan serang Bu Sri Mul, jangan serang Pemerintah, tapi kita ingatkan waspadai ini semua agar lapangan kerja harga-harga tidak terdampak secara signifikan karena permasalahan gejolak ekonomi ini. Jadi itu pesan Pak Prabowo dan saya rasa itu pesan negarawan yah," kata Sandiaga.

 

Reporter : Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.