Sukses

Peringati HUT RI, Pemkab Kepulauan Sangihe Upacara di Depan Laut Perbatasan Filipina

Upacara bendera dilaksanakan pukul 06.45 WITA yang berlokasi di Pelabuhan Tua, Tahuna yang langsung berhadapan dengan laut

Liputan6.com, Jakarta - Dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, PT PLN (Persero) ikut serta dalam pelaksanaan upacara bendera bersama Pemda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. 

Kepulauan Sangihe termasuk salah satu pulau terluar dari Sulawesi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

Pantauan Liputan6.com upacara bendera dilaksanakan pukul 06.45 WITA yang berlokasi di Pelabuhan Tua, Tahuna yang langsung berhadapan dengan laut. Peserta diikuti dari para pelajar sekolah hingga para pegawai Pemda.

Usai pelaksanaan upacara bendera, peserta upacara tidak langsung pulang kerumah masing-masing. Namun, mereka tetap berkumpul untuk memeriahkan pesta rakyat yang dimulai dengan penampilan marching band dan dilanjutkan dengan berbagai lomba khas 17-an, seperti panjat pinang hingga lompat karung.

Salah satu warga, Debora mengaku pesta rakyat memang sering kali dilakukan ketika perayaan HUT RI. Biasanya masyarakat akan berkumpul hingga persyaratan puncaknya.

"Iya setiap tahun pasti ada pesta rakyat, biasanya malamnya ada penampilan dari band (dari Jakarta),"  kata dia pada Jumat, (17/8/2018).

Rangkaian acara peringatan HUT RI telah dilakukan oleh masyarakat Tahuna sejak Kamis, 16 Agustus 2018, yakni dengan melakukan pawai menggunakan mobil hias yang dilakukan oleh para anak-anak dari pendidikan anak usia dini (PAUD).

Mereka menggunakan pakaian-pakaian adat sambil menyanyikan lagu-lagu nasional.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.