Sukses

Ornamen Batik Ramaikan Sidang Tahunan di Gedung Parlemen

Beberapa gerai bazaar makanan dan minuman juga ikut meramaikan Sidang Tahunan 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan pada Kamis pagi di Kompleks Parlemen, Senayan. Ada beberapa sidang tahunan yang akan dihadiri oleh Presiden, yakni Sidang Tahunan Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sidang akan dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.10 WIB. Diawali dengan sidang bersama MPR pada pukul 08.50 WIB, kemudian sidang DPR dan DPD pukul 10.40 WIB. Terakhir, sidang RAPBN pada pukul 14.00 WIB.

Dalam setiap rangkaian sidang, pimpinan MPR, DPR dan DPD akan memberikan sambutannya. Lalu disusul dengan pidato Presiden Jokowi.

Pantauan merdeka.com, suasana di Kompleks Parlemen sejak pukul 07.30 WIB mulai ramai dengan peserta sidang. Tampak ornamen batik menghiasi pilar-pilar di dalam kompleks Parlemen.

Beberapa gerai bazaar makanan dan minuman juga ikut meramaikan Sidang Tahunan 2018. Satu helikopter juga terlihat parkir di lapangan MPR, DPR, DPD.

Menurut Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, tema yang diangkat dalam sidang tahunan kali ini adalah Bhineka Tunggal Ika. Sehingga ornamen yang menghiasi kompleks Parlemen, salah satunya batik mewakili kebhinekaan di Indonesia.

"Karena tahun ini dengan tema kebhinekaan dimunculkan ciri khas kebudayaan pada ornamen-ornamen tapi secara keseluruhan tahun ini jauh lebih sederhana. Meski sederhana kita ingin tetap menonjolkan salah satu ciri khas budaya Indonesia yaitu batik," kata Indra, Kamis (16/8/2018) pagi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.