Sukses

Mendagri Minta IPDN NTB Kirim Praja Bantu Korban Gempa

Sebanyak 100 praja, kata Tjahjo, turun ke lokasi gempa untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memerintahkan jajarannya mengirim bantuan ke korban gempa Lombok. Tjahjo menyampaikan duka mendalam atas musibah tersebut. 

"Kami, jajaran Kemendagri dan BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah gempa di NTB, khususnya Lombok Utara," kata Tjahjo melalui pesan tertulis, Jakarta, Senin (5/8/2018).

Selain mengirim bantuan langsung ke lokasi gempa, Tjahjo juga menginstruksikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus NTB mengirimkan para prajanya untuk membantu proses penanganan bencana.

"Seperti musibah gempa di NTB yang lalu jajaran Kemendagri mengirim tim bantuan dan tim praja IPDN," ujarnya.

Sebanyak 100 praja, kata Tjahjo, turun ke lokasi gempa untuk membantu masyarajat yang tertimpa musibah. 

"Mereka turun meringankan bencana, khususnya di pusat penampungan," katanya.

Selain itu, kata dia, melalui Korpri Kemendagri dan BNPP, telah dihimpun dana untuk membeli keperluan bantuan buat masyarakat korban gempa di Lombok Utara.

"Menurut Rektor IPDN hari ini sudah bergerak 15 bus Praja IPDN Mataram ke lokasi bencana dan Direktur Satpol PP dan Direktur Damkar juga sudah mengkoordinasikan jajarannya," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.