Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Api Obor Asian Games Diinapkan di Rumah Pesanggrahan Bung Karno

Liputan6.com, Medan - Rombongan pembawa tinder box (lentera) api Asian Games 2018 tiba di Danau Toba. Api tersebut kemudian diinapkan di rumah pesanggrahan Bung Karno, Parapat, Kabupaten Simalungun, sekitar pukul 23.00 WIB, Selasa, 31 Juni 2018.

Direktur Ticketing Inasgoc, Sarman Simanjorang mengatakan, api Asian Games 2018 akan menuju Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada pagi ini, kemudian diterbangkan ke Provinsi Riau melalui Bandara Silangit, Tapanuli Utara (Taput).

"Besok (1 Agustus 2018) dari Parapat ke Tobasa. Selanjutnya ke Bandara Silangit, dan langsung ke Riau," kata Sarman di rumah pesanggrahan Bung Karno.

Sarman menjelaskan, dipilihnya kawasan Danau Toba sebagai salah satu tempat persinggahan api Asian Games 2018. Setelah peristiwa ini, diharapkan perekonomian daerah wisata Tanah Air, terutama di kabupaten yang mengelilingi danau terbesar se-Asia Tenggara tersebut dapat meningkat.

"Dengan mampirnya obor ini ke Parapat, kita harapkan potensi Parapat sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia menyebar. Itu tujuannya," jelas Sarman.

Sesuai dengan program pemerintah, akan ada empat sukses yang diharapkan tercapai pada Asian Games 2018. Pertama adalah sukses penyelenggaraan, kedua sukses prestasi, ketiga sukses ekonomi, dan keempat sukses administrasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Bersejarah

Sarman berharap, menjadi salah satu kabupaten/kota yang dikunjungi tentu akan menjadi catatan sejarah untuk Kabupaten Simalungun. Ke depannya, dengan singgahnya api obor Asian Games di Parapat akan meningkatkan ekonomi wisata daerah tersebut.

"Ini sangat bersejarah sekali, Parapat menjadi salah satu kota yang menginapkan api ibor Asian Games. Ini kesempatan Parapat untuk bangkit dari sisi wisata, dan dampak ekonomi akan kita rasakan," kata Sarman.

Setelah api api Asian Games diinapkan di rumah pengasingan Bung Karno di Parapat, Simalungun. Selanjutnya, obor dibawa menuju Pantai Bul-Bul Balige, Toba Samosir, pukul 07.00 WIB. Api obor dibawa perahu hias menuju Pantai Bul-Bul, didampingi jajaran kepala daerah serta Inasgoc.

Setibanya di Pantai Bul-Bul, api obor diarak 10 atlet sejauh 2 kilometer dan terakhir disulut ke dalam mini Kaldron yang telah disiapkan. Selanjutnya api obor dibawa menuju Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, untuk dibawa menuju Pekanbaru melalui Bandara Silangit pukul 13.40 WIB.

Loading