Sukses

Sukses Bangun Sistem Kepegawaian Online, Kota Tangerang Raih BKN Award 2018

Pemberian penghargaan tersebut tidak terlepas dari usaha Pemkot Tangerang dalam pembenahan sistem kepegawaian yang dimiliki.

Liputan6.com, Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meraih Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2018. Penghargaan tersebut diberikan karena pemkot Tangerang dinilai telah berhasil membangun sistem kepegawaian yang komprehensif mulai dari proses pengadaan pegawai, mutasi, promosi dan juga pensiun.

"BKN Award ini merupakan penghargaan tertinggi pengelolaan kepegawaian tingkat nasional," terang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Akhmad Lutfi sesaat setelah acara pemberian penghargaan di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7/2018).

"Dari Kanreg Jabar dan Banten itu hanya kota Tangerang, kalau secara nasional itu hanya ada tiga yaitu Yogyakarta, Banyuwangi dan kota Tangerang," imbuhnya.

Dikatakannya, pemberian penghargaan tersebut tidak terlepas dari usaha Pemkot Tangerang dalam pembenahan sistem kepegawaian yang dimiliki.

"Karena kita mampu membangun sistem untuk kenaikan pangkat pensiun dan lainnya secara online, itu terutama yang menjadi perhatian BKN pusat terhadap BKPSDM Pemkot Tangerang," paparnya.

Dengan terbangunnya Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (SIKDA), lanjut Lutfi, para pegawai di lingkup pemkot Tangerang sangat mudah memgakses layanan kepegawaian sehingga mereka bisa konsentrasi terhadap tugas pokoknya masing-masing.

"Peningkatan kinerja pegawai, jadi pegawai enggak perlu pusing ngurusin urusan kepegawaian seperti kenaikan pangkat dan pensiun," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Kriteria

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan mengatakan BKN Award merupakan ajang kepegawaian paling ditunggu seluruh pengelola kepegawaian di Indonesia.

BKN pun telah 7 (tujuh) kriteria instansi pemerintah yang laik untuk menerima BKN Award 2018 ini.

Ketujuh kriteria penilaian BKN Award 2018 tersebut meliputi, pertama perencanaan formasi. Kedua, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun. Ketiga, implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Keempat, pemanfaatan Computer Asissted Test (CAT-BKN). Kelima, penilaian kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Keenam, implementasi penilaian kinerja. Ketujuh, komitmen pengawasan dan pengendalian.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.