Sukses

Pastikan Stok Aman, Sandiaga Uno Sambangi Ladang Bawang Merah di Brebes

Sandiaga Uno juga melihat aktivitas para perempuan buruh pemetik dan pembersih bawang merah yang terkenal dengan sebutan butik di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba.

Liputan6.com, Brebes - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambangi beberapa lapak dan ladang bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kunjungannya itu untuk memastikan pasokan bawang merah aman di pasaran selama Ramadan dan Idul Fitri di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sandiaga yang mengenakan pakaian kasual bersama sejumlah pejabat Pemrov DKI dan BUMD Pasar Jaya blusukan di Desa Dukuhwringin, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu siang (19/5/2018).

Dia juga melihat aktivitas para perempuan buruh pemetik dan pembersih bawang merah yang terkenal dengan sebutan butik di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba. 

"Jadi kedatangan kami ke sini untuk meninjau kesiapan pasokan bawang merah untuk kebutuhan di Jakarta saat Ramadan dan Lebaran nanti," ucap Sandiaga Uno.

Di dua lokasi itu, Sandi melihat bagaimana kualitas dan kesiapan stok bawang merah produksi petani lokal Brebes. Ia pun sempat berbincang-bincang dengan petani bawang.

Sandiaga menuturkan, Kabupaten Brebes lokasinya tidak begitu jauh dari Jakarta, hanya beberapa jam, apalagi sudah ada tol. Kendati demikian, jika ada keterlambatan distribusi, juga akan berdampak pada bergejolaknya harga seperti di Pasar Induk Kramat Jati.

"Selain monitor pasokan, kita juga memeriksa jalur distribusi dari Brebes ke Jakarta. Pasokan cukup dan distribusi lancar itu yang membuat harga bawang merah tidak bergejolak dipasaran," kata Sandiaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Bawang Merah di Jakarta

Menurut dia, kebutuhan bawang merah di Jakarta mencapai 120 ton per hari.Sedangkan kualitas super, harga perkilogram bawang merah di Ibu Kota mencapai Rp 27 ribu.

"Ya meskipun stok aman, kita terus berupaya melakukan pengecekan kesiapan stok dan harga komoditi bawang merah itu hinga Lebaran nanti," Sandiaga memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.