Sukses

Menkominfo: Semua Kabupaten Terhubung Internet Kecepatan Tinggi di 2019

Menkominfo berharap Palapa Ring dapat mempermudah komunikasi masyarakat yang berada di daerah pelosok dan perbatasan.

Liputan6.com, Natuna - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan pada tahun 2019, seluruh kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan internet berkecepatan tinggi. Dia mengatakan, pihaknya telah menargetkan konstruksi proyek Palapa Ring rampung dibangun akhir 2018.

"Target akhir 2018 ini secara konstruksi sudah selesai, sehingga memasuki 2019 tidak ada kabupaten maupun kota yang tidak terhubung internet kecepatan tinggi," kata Rudiantara di Natuna, Kepulauan Riau, Selasa 27 Maret 2018.

Rudiantara mengatakan, saat ini proyek Palapa Ring Barat sudah siap untuk beroperasi. Dia pun berharap Palapa Ring dapat mempermudah komunikasi masyarakat yang berada di daerah pelosok dan perbatasan.

"Hak akses telekomunikasi sekarang beda tapi sudah berbasis internet. Palapa Ring Barat sudah beroperasi dan masyarakat sudah bisa menikmati," ucap Rudiantara.

Palapa Ring adalah proyek pembangunan tulang punggung kabel serta optik di wilayah non-komersil. Proyek nasional tersebut dibagi ke dalam tiga paket, yaitu barat, tengah, dan timur.

Untuk Palapa Ring paket tengah sudah mencapai 75% tahap pembangunan konstruksi. Sedangkan progres Palapa Ring paket timur sudah mencapai 40%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencapai Pedalaman Papua

Proyek Palapa Ring Barat dibangun dengan kabel fiber optik bawah laut maupun daratan sepanjang kurang lebih 2.200 kilometer.

Adapun kota-kota atau kabupaten yang dilalui Palapa Ring Barat antara lain Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam (Batam), Tarempa, Ranai, Singkawang, Kualatungkal, dan Daik Lingga.

Sedangkan paket timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua Barat, dan Papua sampai dengan pedalaman Papua dengan total panjang serat kabel optik sekitar 6.300 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.