Sukses

Reshuffle Kabinet, Idrus Marham Resmi Jadi Menteri Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Dalam reshuffle kabinet, Idrus Marham resmi menjadi Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indarparawansa setelah Presiden Jokowi melantiknya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Pergantian menteri ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 10P Tahun 2018 tentang pemberhentian Menteri Sosial Kabinet Kerja dan pengangkatan Menteri Sosial. Keputusan ini mulai berlaku sejak pelantikan.

Saat pelantikan, Idrus juga diambil sumpahnya oleh rohaniwan. Di hadapan Jokowi dan para tamu undangan, Idrus berjanji akan setia kepada Undang-Undang Dasar serta menjunjung tinggi etika jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia pada UUD tahun 1945 serta dijalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya pada bangsa dan negara," ucap Idrus.

Selain itu, Idrus juga berjanji akan bekerja dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Idrus Marham adalah Doktor Ilmu Politik lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM), terjun ke dunia politik sejak terpilih menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) hasil Pemilu 1997.

Setelah itu melalui Partai Golkar, ia terpilih sebagai anggota DPR tiga periode berturut-turut, yakni 1999-2004, 2004-2009, serta 2009-2004 dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan III.

Pada Juni 2011, Idrus Marham mengundurkan diri dari anggota DPR karena ingin fokus bekerja untuk Partai Golkar menjelang Pemilu 2014.

Saksikan video di bawah ini: