Sukses

Halaman Masjid Istiqlal Dipenuhi Massa Demonstran

Massa yang berada di halaman tidak jarang ditawari beberapa hal seperti makanan, tikar, atau minuman. Semua yang ditawarkan gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga yang akan ikut demo 4 November mulai memadati Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat memang menjadi titik awal dari aksi yang akan dilakukan hari ini.

Pantauan Liputan6.com, Kamis malam, para warga secara bergelombang memasuki halaman masjid. Ada yang berjalan kaki, membawa kendaraan bermotor, dan juga mobil.

Sesampainya di lokasi, sebagian dari mereka memilih mencari halaman yang masih kosong untuk istirahat sejenak. Sebagian lagi memilih langsung masuk ke area masjid.

Massa yang berada di halaman tidak jarang ditawari beberapa hal seperti makanan, tikar, atau minuman. Semua yang ditawarkan gratis.

Sementara, massa yang berasal dari luar kota dan menggunakan angkutan umum juga mulai berdatangan. Sebuah bus Sumber Jaya yang membawa jemaah dari Ciamis, Jawa Barat tiba di Masjid Istiqlal.

Petugas keamanan juga sudah bersiaga dan lebih banyak berada di pos jaga terdepan masjid. Sedangkan beberapa petugas lainnya berpatroli mengelilingi masjid.

Pengurus masjid juga tidak henti-hentinya memberikan imbauan kepada warga untuk menjaga barang-barang bawaan. Tak lupa, mereka diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Kepada para jamaah harap diperhatikan barang bawaannya. Jangan sampai ada yang tertinggal atau hilang. Tidak boleh tidur di ruang salat utama, silakan tidur di lorong lantai dasar," ujar pengurus masjid melalui pengeras suara, Kamis (3/11/2016) menjelang tengah malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.