Sukses

Terima Surat Pergantian Kepala BIN, DPR Langsung Gelar Rapat

DPR langsung mengadakan rapat pimpinan (rapim) untuk menentukan jadwal uji kepatutan dan kelayakan terhadap Budi Gunawan.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan DPR telah menerima surat pergantian Kepala BIN yang diantarkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Ketua DPR Ade Komarudin dan wakilnya Agus Hermanto serta Taufik Kurniawan menerima surat tersebut.

Usai pertemuan tertutup, pria yang karib disapa Akom ini menuturkan akan langsung mengadakan rapat pimpinan (rapim) untuk menentukan jadwal uji kepatutan dan kelayakan kepada Komjen Budi Gunawan sebagai satu-satunya calon yang diajukan Presiden Jokowi menjadi Kepala BIN pengganti Sutiyoso.

"Sekarang juga setelah Pak Mensesneg kembali, kita akan langsung rapim untuk menentukan jadwal untuk tindaklanjuti surat ini," ujar Akom di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Kemudian, kata Akom akan segera dibahas bersama-sama fraksi terkait pengganti Sutiyoso. Terutama Komisi I DPR yang membidangi soal intelijen negara.

"Rencananya kami akan menindaklanjuti pekan depan, tapi tentu nanti kita akan rapat dulu dengan fraksi-fraksi pada hari Senin kita akan tentukan pada saat rapat pimpinan fraksi menugaskan kelengkapan mana untuk tindaklanjuti," ucap dia.

"Tapi sesuai mitranya tentu Komisi I akan kami tugaskan. Kemudian kita tugaskan Komisi I dan kita tugaskan juga Komisi I kapan harus fit and proper test, setelah itu akan kita tentukan jadwal," Akom menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini