Sukses

Peziarah Makam Presiden Soeharto Mendadak Meningkat Tajam

Ada 2.000 peziarah setiap harinya datang ke makam mantan Presiden RI II itu.

Liputan6.com, Karanganyar - Makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah mendadak menjadi salahsatu obyek wisata yang ikut melonjak tingkat kunjunganya selama musim libur sekolah dan Natal kali ini.

Sejak seminggu terakhir, ada 2.000 peziarah per harinya yang mengunjungi makam mantan Presiden RI II. Meningkat 6 kali lipat dari hari biasanya.

"Kalau pas hari biasa itu paling peziarahnya sekitar 300 orang. Ada peningkatan drastis hingga hingga 6 kali lipat lebih dari hari biasa," ujar Juru kunci makam Astana Giribangun, Sukirno Sabtu (26/12/2015).

Baca Juga


Ia memprediksi, jika lonjakan jumlah pengunjung itu terjadi hingga libur Tahun Baru minggu mendatang. Menurut Sukirno, lonjakan jumlah pengunjung itu disebabkan bersamaanya liburan panjang Natal dan libur anak sekolah.

Menurut Sukirno, para peziarah seringnya datang dengan motor dan mobil pribadi, sementara pengunjung yang rombongan dan biasa menggunakan bus, kali ini lebih jarang.

 "Jadi kan banyak yang mudik, mungkin sekalian ziarah ke sini. Sekitar 75 persen dari kalangan pribadi. Sisanya dari rombongan-rombongan," pungkas Sukirno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini