Sukses

Sambut Tahun Baru, Lalin di 3 Titik Macet Yogyakarta Direkayasa

1.700 personel setidaknya disiagakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2016, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan rekayasa arus lalu lintas di sejumlah titik rawan kemacetan. Terutama di 3 jalan utama, yaitu Jalan Malioboro, Jalan Solo dan Jalan Magelang.

"Kemacetan ini memang tidak mungkin dihindari. Kita hanya bisa meminimalisir saja karena mayoritas kendaraan itu datang dari luar Yogyakarta. Apalagi, ini merupakan liburan panjang," kata Kapolda DIY Brigjen Erwin Triwanto usai gelar pasukan Operasi Lilin 2015 di halaman Polda DIY, Rabu (23/12/2015).

Menurut Erwin, setidaknya 1.700 personel disiagakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016. Jumlah ini masih bisa bertambah dari beberapa elemen masyarakat yang terlibat dalam pengamanan.

"Kita berharap masyarakat ikut serta. Dari elemen masyarakat, ada 500 orang untuk tambahan. Kami juga berharap dari TNI dan Dinas Perhubungan untuk juga berpartisipasi," ujar dia.

Selain jalanan di pusat kota, Erwin menyebut daerah wisata pantai menjadi perhatian pengamanan liburan panjang di DIY. Setidaknya ada 3 kabupaten yang memiliki wisata pantai yaitu Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul.

Secara umum, Erwin menyatakan kondisi keamanan di Yogyakarta masih kondusif. Namun, pihaknya tidak melonggarkan pengamanan.

"Kita tidak ingin underestimate. Kegiatan operasi ini memang untuk pengamanan," kata Erwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.