Sukses

Tiga Kabupaten di Kalbar Rawan Penyakit Gondok

Penyakit gondok rawan menyerang tiga kabupaten di Kalimantan Barat. Ibu hamil diindikasikan paling rentan terkena penyakit kekurangan yodium itu.

Liputan6.com, Pontianak: Sedikitnya 32 desa di Kabupaten Sambas, Sintang, dan Ketapang, Kalimantan Barat, rawan endemis penyakit gondok. Untuk itulah, Dinas Kesehatan Kalbar terus mengawasi puluhan desa tersebut. Demikian diungkapkan Kepala Dinkes Kalbar Torisz di Pontianak, baru-baru ini.

Torisz menjelaskan, tiga orang di antara 100 ibu hamil diindikasikan mengalami gangguan kekurangan yodium. "Jumlah penderita gondok akan terus meningkat. Sebab banyak beredar garam tanpa yodium dari Jawa," katanya. Torisz menyebutkan, saat ini tercatat sekitar 52 ribu anak balita di Kalbar mengalami penurunan kecerdasan karena kekurangan yodium. Sebanyak tiga kecamatan di Sintang masuk kategori rawan penyakit gondok tertinggi di Kalbar.

Meski begitu, Torizs menilai, Kalbar belum dikategorikan sebagai daerah endemis penyakit Gangguan Akibat Kekurangan Yodium dalam skala nasional. Tapi, ia mengakui, Dinkes kesulitan mengontrol perdagangan garam nonyodium di tiga kabupaten itu.(KEN/Amin Alkadri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini