Sukses

Jelang Pengerjaan Jalan Tol, Lalin Jl Margonda Depok Direkayasa

Liputan6.com, Depok - Polresta Depok, Jawa Barat, akan melakukan uji coba lalu lintas di Jl Juanda menjelang pengerjaan proyek terowongan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Kendaraan dari arah Lenteng Agung menuju Citayam tidak bisa lagi mengambil arah lurus melewati pertigaan yang menghubungkan Jalan Margonda dan Jalan Juanda.

Kendaraan dari arah Lenteng Agung diharuskan untuk belok kiri melewati Jalan Juanda sisi utara terlebih dahulu. Kemudian berputar balik dan melewati Jalan Juanda sisi selatan sebelum akhirnya berbelok kiri ke Jalan Margonda. Setelah itu, baru kemudian kendaraan bisa mengambil arah lurus ke arah Citayam.

Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Soehartatiek, membenarkan adanya uji coba lalin hari ini. Kegiatan tersebut dimulai pukul 14.00 hari ini sampai Minggu (1/3/2015).

"Dari hasil uji coba selama 4 hari ke depan, selanjutnya pihak pelaksana proyek, Satlantas Polresta Depok, serta Dishub Depok akan memutuskan apakah pengalihan arus lalin secara permanen sudah layak atau belum," kata Soehartatiek.

Jika selama 4 hari ini dianggap lancar, rekayasa ini akan dilanjutkan sampai pengerjaan proyek selesai.

Pengalihan arus lalu lintas di perempatan yang menghubungkan Jalan Margonda dan Jalan Juanda dilakukan karena adanya proyek pengerjaan terowongan tol cijago. Kontraktor proyek, PT Hutama Karya, telah membangun jalan pengalihan atau detour di sekitar pertigaan.

Detour dibuat mengarah ke Jalan Juanda. Keberadaan detour sepanjang 90 meter ini untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas bagi kendaraan dari arah Lenteng Agung yang hendak berbelok ke Jalan Juanda.