Sukses

Tips Menghindari Begal Motor

Jika terkena begal, amati wajah dan ciri pelaku. Selanjutnya, lapor polisi apabila melihat atau menjadi korban begal motor.

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan muda bernama Tumi masih terlihat syok. Hal itu dikarenakan ia baru saja dirampok kawanan begal sepeda motor di Jalan Raya Grogol-Krutkut, Limo, Depok, Jawa Barat pada awal Februari lalu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (22/2/2015), Tumi dirampok pada awal Februari lalu saat dini hari. Ketika Tumi sedang mengendarai sepeda motor, 5 orang begal sepeda motor menghadangnya dan meminta ia turun dan ia pun menyerah. Namun sikap Tumi tidak menghentikan aksi brutal kawanan begal.

Sebelum motornya dibawa kabur, kawanan begal itu melempar Tumi ke dalam Kali Krukut. Tidak berselang lama, Polres Depok akhirnya menangkap 3 begundal yang merampok dan menganiaya Tumi itu. Mirisnya, mereka itu masih berstatus pelajar SMA.

Dari tangan para pembegal, polisi menyita sebilah kapak dan belati yang diduga dijadikan alat untuk menganiaya Tumi serta 4 sepeda motor yang diduga hasil kejahatan. Kini 3 pelajar brutal itu terancam hukuman 20 tahun penjara.

Aksi begal motor tidak hanya terjadi di Depok, namun juga di Kota Bekasi, Jawa Barat. Di Jalan Raya Kraji, Bekasi Barat biasanya kawanan begal motor melancarkan aksinya.

Biasanya mereka beroperasi tengah malam hingga dini hari. Sepinya jalanan serta minimnya lampu penerangan membuat para pembegal ini leluasa melancarkan aksi brutal nya. Tidak hanya pemotor wanita, pemotor laki-laki pun tak luput dari sasaran mereka.

Fenomena begal motor juga marak terjadi di Kota Tangerang Selatan, Banten. Pembegal sepeda motor biasa beroperasi di Jalan Bukit Nusa Indah, Ciputat, Sarana Indah Permai Ciputat, Tegal Rotan, Pondok Aren, dan Jalan BXC Pondok Aren.

Selain sepi, jalan ini memang sangat minim lampu lalu penerang. Pemotor yang biasa pulang malam melalui jalanan ini pun mengaku khawatir. Polisi pun gencar memburu para perampok jalanan ini. Hasilnya, 6 kawanan begal motor ditangkap Polsek Curug.

Terorganisir

Kejahatan begal motor ini adalah kejahatan yang terorganisir. Beberapa waktu lalu, petugas Reskrim Polsek Serpong menggeledah gudang yang berisi spare part sepeda motor yang sudah dipreteli.

Spare part motor ini diduga hasil aksi kejahatan para pembegal sepeda motor di wilayah Tangerang, Banten. Kawanan pembegal motor ini semakin meresahkan warga, khusunya para pemotor.

Ada beberapa tips untuk menghindari begal sepeda motor. Selain menghidari jalanan sepi, penting bagi pengendara sepeda motor untuk menginformasikan rute perjalanan yang akan dilalui kepada keluarga atau kerabat.

Lalu, usahakan untuk mengendarai motor berdua. Kemudian, simpan barang mewah dan berharga Anda di dalam tas. Selain itu, usahakan untuk tidak berhenti atau menepi di tempat sepi.

Jika terkena begal, amati wajah dan ciri pelaku. Selanjut nya, lapor polisi apabila melihat atau menjadi korban begal sepeda motor. (Vra/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini