Sukses

Menyulap Ikan Lele menjadi Nugget, Abon, dan Stick Duri

Aneka olahan lele ini sengaja dibuat untuk mendongkrak nilai jual ikan lele yang anjlok di pasaran.

Liputan6.com, Jember - Bosan dengan menu ikan lele yang selama ini hanya digoreng atau dibakar? Mungkin Anda bisa mencoba menikmati ikan lele dengan jenis olahan lain, seperti nugget lele berikut ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (1/12/2014), nugget lele diolah dari ikan lele siap konsumsi yang biasanya berusia sekitar 3 bulan.

Caranya, pisahkan kulit serta daging lele dari durinya. Setelah dicuci bersih, daging lele yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan telur ayam hingga menjadi sebuah adonan.

Adonan lele kemudian ditambahkan bumbu bawang putih serta keju parut untuk menghilangkan bau amis. Adonan kemudian dikukus selama 30 menit.

Setelah matang, adonan kemudian diiris dan dilumuri dengan putih telur, lalu dilapisi dengan tepung daging. Setelah itu dinginkan di dalam kulkas. Nah, nugget lele siap digoreng.

Tidak hanya menjadi nugget, daging ikan lele ternyata juga bisa diolah menjadi abon. Bahkan duri lele yang selama ini dibuang percuma ternyata bisa dibuat sebagai makanan ringan, yakni stick duri lele.

Aneka olahan lele ini sengaja dibuat untuk mendongkrak nilai jual ikan lele yang anjlok di pasaran. Dengan cara ini, peternak mampu mendapatkan keuntungan hingga 3 kali lipat dibanding hanya dengan menjual ikan lele biasa. (Nfs/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini