Sukses

Umat Islam Aboge Salat Idul Adha Hari Ini

Seluruh umat Islam Aboge di desa itu melaksanakan Salat Idul Adha pagi tadi.

Liputan6.com, Banyumas - Di Masjid Al Ikhlas Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terdengar lantunan takbir. Seluruh umat Islam Aboge di desa itu melaksanakan Salat Idul Adha pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (6/10/2014), berdasarkan perhitungan kalender jawa yaitu pasaran wage, umat Islam Aboge atau Alif Rebo Wage, Idul Adha jatuh pada hari Senin atau 1 hari setelah penetapan Hari Raya Idul Adha pemerintah.

Menurut pimpinan kaum Aboge Desa Kracak Sudiworo Jamang, perhitungan penentuan 10 Dzulhijah itu sudah turun-temurun sejak beratus-ratus tahun yang lalu.

Usai salat Idul Adha, umat Islam Aboge bersalam-salaman. Acara selanjutnya adalah makan bersama dari rantang yang mereka bawa. Aneka lauk-pauk pun dihidangkan. Makan bersama itu dimaksudkan sebagai simbol kebersamaan serta permohonan keselamatan untuk semua warga.

Pada siang hari, kaum Aboge melaksanakan penyembelihan kambing kurban Idul Adha. Sebanyak 6 kambing kurban disembelih dan dibagi-bagikan kepada semua warga Desa Kracak. (Ein)

Baca Juga:

Sambut Idul Adha, Keraton Yogyakarta Gelar Grebeg Gunungan

Hormati Salat Id, Gereja di Wonogiri Mundurkan Misa Pertama

Pembagian Kupon Hewan Kurban di Sukabumi Berlangsung Ricuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • salat ied