Sukses

PAN Siapkan Strategi Rahasia Hadapi Voting RUU Pilkada

Mungkinkah partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih itu bakal merapat bersama PDIP untuk menolak RUU Pilkada?

Liputan6.com, Jakarta - PAN mengaku menyiapkan strategi dalam menghadapi rapat paripurna mengenai Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) pada Kamis 25 September 2014.

Mungkinkah partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih itu bakal merapat bersama PDIP untuk menolak RUU Pilkada? Mengingat hubungan PAN-PDIP sepertinya sudah mencair sejak partai pimpinan Hatta Radjasa tersebut hadir dalam pembukaan Rakernas PDIP 19 September 2014 lalu.

"Strateginya ya rahasia dong, kalau ibarat strategi bola, Indonesia lawan Thailand dikasih strateginya dulu nanti kalah Indonesia," ujar Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy di kompleks Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Namun, Tjatur menuturkan, kehadirannya di Rakernas PDIP beberapa waktu lalu tak ada kaitannya dengan sikap politik PAN. Dirinya pun meminta semua pihak tak memberikan penilaian berlebihan kepada PAN.

Untuk mengetahui PAN mendukung RUU Pilkada atau tidak, kata dia, lebih baik menunggu Rapat Paripurna DPR 25 September 2014. PAN akan memberikan sikapnya secara resmi terkait RUU Pilkada.

"Jadi kalau strateginya tunggu tanggal 25," ujar dia.

Namun demikian, lanjut Tjatur, sikap terakhir PAN yang mendukung terhadap RUU Pilkada adalah sesuai dengan UUD 1945. "Ya kita sesuai dengan UUD 45," tandas Tjatur. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.