Sukses

Jokowi dan Megawati Pimpin Pembahasan Peta Koalisi

Liputan6.com, Semarang - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memimpin rapat konsolidasi di arena Rakernas IV PDIP di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah hari ini. Materi rapat akan difokuskan pada peta koalisi untuk menyukseskan kepemimpinan Jokowi 5 tahun mendatang.

Konsolidasi dilakukan tertutup. Menurut Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo, dalam konsolidasi itu semua peserta memiliki hak suara yang sama untuk menyampaikan pendapatnya.

"Dalam forum untuk konsolidasi tersebut, dicari masukan soal peta koalisi, itu nanti bisa disampaikan di komisi-komisi," kata Tjahjo, Sabtu (20/9/2014).

Pada hari kedua Rakernas PDIP IV ini, fokus pembahasan tak jauh dari kondisi politik nasional terkini. Salah satunya adalah membahas peta koalisi di DPR menjelang pengesahan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada).

Dalam pembahasan RUU Pilkada, peserta rakernas diberikan waktu khusus menyampaikan masukannya. Selanjutnya, rakernas akan dibagi 3 komisi dan rapat berlangsung tertutup hingga malam nanti.

PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV di Semarang, Jawa Tengah 19-21 September. Dalam Rakernas itu, hadir politisi partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo-Hatta.

Mereka adalah Wakil Ketua Umum DPP PAN Drajad Wibowo, Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy, dan Plt Ketua Umum DPP PPP Emron Pangkapi. Hadir pula Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-JK. (Ein)