Sukses

Survei LKPI: Nama Dendi Suryadi Unggul Jadi Bakal Calon Bupati di Pilkada Kukar 2024

Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil penelitian survei terkait Persepsi Masyarakat Jelang Pemilihan Bupati Kutai Kartanegara 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil penelitian survei terkait Persepsi Masyarakat Jelang Pemilihan Bupati Kutai Kartanegara 2024. Survei tersebut dilakukan untuk mengukur tingkat elektabilitas tokoh-tokoh bakal calon Bupati Kutai Kartanegara.

Menurut Koordinator LKPI Togu Lubis, berdasarkan temuan LKPI di lapangan, dukungan tertinggi bakal calon Bupati Kutai Kartanegara adalah Mantan Kasdim dan Dandim Kukar serta Mantan Danrem Samarinda Dendi Suryadi.

"Dalam survei ini memuat pertanyaan terbuka kepada 900 masyarakat Kukar ketika ditanyakan, jika Pilkada Kukar digelar hari ini, dengan pertanyaan terbuka tokoh mana yang diinginkan sebagai Bupati Kukar pada Pilkada 2024, maka hasil jawabannya nama Dendi Suryadi, Mantan Dandim Kukar dan Danrem Samarinda dipilih sebanyak 28,2%," ujar Togu melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/3/2024).

Kemudian, lanjut dia, disusul oleh Edi Darmansyah wabup Kukar sebesar 18,1%, Rendi Solihin Darmansyah 15,6%, Abdul Rasid 3,6%, Awang Yacoub 2,6%, Seno Aji 1,9%, Alif Turiadi 1,7%, M Andi Faisal 1,6%, Muhammad Syahrun 1,4%, Ali Hamdi 1,1%, dan yang belum memilih 24,2%.

"Sedangkan dalam pertanyaan tertutup mengunakan kertas kuisioner kepada 900 responden dengan pertanyaan dari tokoh-tokoh yang tertera di kertas kuisioner ini, tokoh mana yang akan dipilih jika Pilkada digelar hari ini, maka dari data data yang terkumpul hasil jawabaanya nama Dendi Suryadi Mantan Dandim Kukar dan Danrem Samarinda dipilih sebanyak 33,7%," kata Togu.

"Kemudian disusul oleh Edi Darmansyah Bupati Kukar sebesar 22,3% dan Rendi Solihin 14,6%, Abdul Rasid 4,7%, Awang Yacoub 2,3%, Seno Aji 1,8% , Alif Turiadi 1,7%, M Andi Faisal 1,6%, Muhammad Syahrun 1,4%, dan yang belum memilih 15,9%," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Metodologi Survei

Togu Lobis menjelaskan, responden yang digunakan dalam survei ini sebanyak 900 warga Kukar dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024, sebanyak 543.063 pemilih yang tinggal di 20 Kecamatan di Kabupaten Kukar.

Penentuan Responden mengunakan metode Multistage Random Sampling dan hasil survei ini memiliki Margin of Error sebesar kurang lebih 3,2% dengan tingkat kepercayaan 95%, survei dilakukan sejak tanggal 19 sampai 28 Februari 2024 .

Dalam survei ini juga diukur tingkat kepuasan masyarakat Kabupaten Kukar terhadap kinerja pemkab Kukar, di mana, ditemukan sebanyak 60,2% masyarakat Kukar menyatakan tidak puas dengan kinerja Pemkab Kukar, sebanyak 23,4% menyatakan puas, dan selebihnya 16,4% tidak memberikan pendapat.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur Budiman mengatakan bahwa unggulnya sosok Brigjen Dendi Suyadi sebagai bakal calon Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) pada Pilkada 2024 di survei LKPI karena merupakan satu-satunya putra daerah, yang memiliki reputasi pernah menjabat sebagai Kasdim dan Dandim Kukar serta sekaligus pernah menjabat Danrem Samarinda.

"Jadi yang membuat Dendi Suryadi unggul di survei LKPI sebagai bakal calon Bupati 2024, karena Dendi merupakan putra daerah, dan juga mantan Dandim Kukar," kata Budiman.

 

3 dari 3 halaman

Alasan Banyak Terpilih

Budiman mengaku bahwa Dendi Suryadi juga telah dikenal dan dekat dengan masyarakat Kukar, maka itu yang menjadi salah satu Dendy Suryadi unggul di survei sebagai pilihan masyarakat Kukar.

"Dendi Suryadi juga telah dikenal dan dekat dengan masyarakat Kukar, maka itu yang menjadi salah satu Dendy Suryadi unggul di survei sebagai pilihan masyarakat Kukar," ucap dia.

Budiman mengakui bahwa Dendi Suryadi juga telah dikenal dan dekat dengan masyarakat Kukar, maka hal itu yang menjadi salah satu sebab mengapa unggul di survei sebagai pilihan.

"Dendi Suryadi juga telah memperlihatkan kinerja sebagai Dandim untuk masyarakat Kukar. Bahkan masyarakat merasa nyaman," ucap dia.

Saat ditanyakan apakah masyarakat Kukar menginginkan pemimpin dari sosok militer dan ini terkait dengan kemenangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto berasal dari militer yang menang telak di Kukar.

"Bisa saja karena masyarakat ingin pemimpin atau bupati dari kalangan militer yang tegas dan memberikan rasa aman dengan masyarakat, ditambah lagi dengan sosok Dendi lebih memahami karakter sosio kultural masyarakat Kukar," terang dia.

Budiman menilai, ini dapat menjadi peluang besar bagi Dendi untuk terpilih sebagai Bupati Kukar jika maju di Pilkada 2024.

"Menjadi peluang besar bagi Dendi Suryadi untuk bisa terpilih sebagai Bupati Kukar jika maju di Pilkada 2024, baik dari jalur independen maupun dari partai. Ini modal besar Dendi untuk bisa menang di Pilkada Kukar 2024," jelas Budiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.