Sukses

Denda Parkir Liar Rp 500 Ribu Mulai Diberlakukan Dishub DKI

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta hari ini mulai menertibkan kendaraan roda 4 yang parkir sembarangan di sejumlah wilayah Ibukota dengan menarik retribusi Rp 500.000 per hari untuk tiap kendaraan yang diderek.

"Operasi penertiban ini kita lakukan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Garnisun. Operasi ini kita lakukan secara tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (8/9/2014).

Ia mengatakan, operasi itu dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Daerah yang memberikan kewenangan kepada Pemerintah Provinsi DKI untuk menarik retribusi Rp 500.000 per hari dari setiap kendaraan yang diderek.

"Kendaraan roda 4 yang kedapatan parkir liar akan kita derek dan bawa ke tempat penampungan. Pemilik kendaraan diharuskan membayar retribusi sebesar Rp 500.000 atau berlaku kelipatannya sesuai lama kendaraan itu menginap di tempat penampungan," ujar Akbar.

Pada tahap awal, dia menuturkan, pengenaan retribusi derek akan dilakukan di Kalibata (Jakarta Selatan), Stasiun Jakarta Kota (Jakarta Barat), Tanah Abang (Jakarta Pusat), Jatinegara (Jakarta Timur) dan Marunda (Jakarta Utara).

Sementara kendaraan-kendaraan yang diderek akan dibawa ke 3 lokasi penyimpanan milik Dinas Perhubungan DKI yaitu di Rawa Buaya (Jakarta Barat), Terminal Barang Pulogebang (Jakarta Timur) dan Terminal Barang Tanah Merdeka (Jakarta Utara).

"Dalam rangka penertiban parkir liar yang kita lakukan di 5 lokasi rawan parkir liar di Jakarta, kita sudah siapkan sebanyak 15 unit mobil derek milik kita sendiri," tutur Akbar.

Dalam penertiban hari pertama ini, Dinas Perhubungan DKI berharap tidak menemukan banyak kendaraan roda 4 yang parkir sembarangan dan diderek ke tempat penampungan.

"Dengan begitu, ini mencerminkan bahwa pemilik kendaraan pribadi sudah disiplin dan taat peraturan untuk tidak memarkirkan kendaraannya di bahu-bahu jalan," kata Akbar. (Ant/Mut)

Bus Tabrak Jurang di Makedonia, 13 Tewas

Tutup Video