Sukses

Warga Binaan Rutan Salemba Gerak Jalan 10 Km Sambut HUT RI

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan HUT ke-69 Republik Indonesia tak hanya dirasakan bagi warga yang bebas menghirup udara segar. Warga binaan yang harus mendekam di balik jeruji besi pun turut ikut menyemarakkan hari jadi Indonesia itu.

Warga Binaan dari rumah tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta Pusat memilih melakukan acara gerak jalan sejauh 10 km. Gerak jalan ini merupakan acara puncak perayaan HUT ke-69 Indonesia yang diselenggarakan pihak rutan.

"Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka menyambut HUT ke-69 Indonesia. Ada 46 warga binaan yang ikut bergabung dalam gerak jalan tadi pagi," ujar Kepala Rutan Salemba Abdul Karim saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (16/8/2014).

Abdul karim menjelaskan, gerak jalan dimulai dari depan Rutan Salemba, menuju Jalan Raya Salemba. Kemudian belok ke kiri menuju Jalan Pramuka menuju Rawa Sari dan kembali ke Rutan Salemba.

"Tadi Pak Kakanwil DKI Jakarta Pak Rusdianto juga ikut ambil bagian dalam acara gerak jalan ini," lanjut Karim.

Karim menjelaskan, selain gerak jalan, berbagai perlombaan khas perayaan kemerdekaan pun diselenggarakan. Seperti lomba makan kerupuk, tarik tambang, memasukkan paku ke dalam botol.

"Kami sengaja memilih hari ini karena besok sudah sibuk dengan kegiatan lain, seperti upacara, penyerahan remisi, dan lain-lain," tandas Karim. (Sss)