Sukses

2 Perwira Ditlantas Polda Jatim Diperiksa Terkait Dugaan Suap

Selain itu, Polri juga memeriksa seorang polisi di jajaran Ditlantas Polda Jawa Timur berinisial B, selaku staf Samsat Manyar, Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pengamanan Internal (Paminal) Polri memeriksa anggota polisi di jajaran Ditlantas Polda Jawa Timur berinisial B, staf Samsat Manyar, Surabaya. 2 Perwira berinisial A dan R dari jajaran yang sama juga diperiksa. Mereka diduga terkait penerimaan suap atau gratifikasi pengurusan dokumen pada Sabtu 26 April 2014 lalu.

Kepala bagian Penerangan umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto mengatakan, ketiganya tengah menjalani pemeriksaan. Bila terbukti, Polri akan menindaklanjuti dugaan tersebut.

"Propam meminimalisir upaya pelanggaran anggota. Kalau tidak ketemu, tentunya tidak ada pelanggaran. Bila ditemukan ada pelanggaran akan ditindaklanjuti," kata Agus di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Awi Setiyono membenarkan terkait perihal tersebut. Namun, dia enggan menjelaskan siapa saja yang tengah dalam pemeriksaan Polri tersebut.

"Ya, benar. Namun saya tidak bisa menjelaskan siapa yang sedang diperiksa dan pelanggaran apa yang dilakukan. Saya baru menerima kabar itu tadi pagi dari Kapolda Jatim dan Kadiv Humas Mabes Polri," ujar Awi saat dihubungi.

Awi menjelaskan, yang menangani pemeriksan tersebut adalah tim Propam Paminal Mabes Polri. Paminal mempunyai prosedur sendiri dalam menangani anggota yang diduga melakukan pelanggaran, baik disiplin, etik maupun menjurus ke pidana.

"Sampai saat ini saya belum mendapatkan data pasti. Namun yang harus dijelaskan, itu bukan penangkapan tapi pemeriksaan. Tim Paminal melakukan audit investigasi. Paminal tugasnya bukan untuk menangkap seperti reskrim, tapi melakukan pemeriksaan ke dalam invetegensi Polri yang bekerja untuk pimpinan," imbuh Awi. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini