Sukses

Pesan `Hoax` Gunung Slamet Meletus Resahkan Warga Purwokerto

Broadcast BBM menyesatkan marak beredar, di tengah warga Purwokerto, tentang Gunung Slamet akan meletus, sejak meningkatnya status waspada.

Liputan6.com, Purwokerto - Pesan berantai BlackBerry Messenger (BBM) yang menyesatkan marak beredar di kalangan warga Purwokerto sejak meningkatnya status Gunung Slamet menjadi waspada. Dalam pesan itu, Gunung Slamet dikatakan meletus, warga diminta untuk mengungsi. Hal ini pun cukup meresahkan warga.

"Banyak BBM yang menyesatkan dan tidak jelas sumbernya. Saya sering mendapat laporan seperti itu," ujar Kristiono (35), warga Pekalongan, Jawa Tengah.

Dia mengatakan, sejumlah rekan kerjanya sempat panik, ada imbauan sesat  yang menuliskan agar mereka bersiap mengungsi. "Broadcast seperti itu tidak sekali saja, tetapi berkali-kali. Akibatnya, banyak yang resah," ungkapnya.

Dedi (27), seorang warga Baturraden juga mengaku sempat panik akibat BBM tersebut. "Saya sempat bingung, karena malam Selasa kemarin ada broadcast sesat yang mengimbau supaya siap-siap mengungsi," tuturnya

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Banyumas, Didi Rudwianto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. "Setiap saat, kami mendapat informasi langsung dari Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan dan PVMBG. Hingga sekarang statusnya masih waspada. Jadi jangan sampai percaya pada isu-isu yang tidak jelas," katanya

Menurutnya, guna menangkis isu-isu yang tidak bertanggung jawab, pihaknya hanya membuka satu informasi resmi. Informasi resmi ini, kata Didi, akan disampaikan melalui camat dan kepala desa (kades).

"Kades diharapkan bisa menginformasikan kepada perangkat. Sehingga perangkat bisa langsung memberikan informasi kepada masyarakat, supaya tidak termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini