Sukses

9 Negara Terbaik untuk Para Perempuan Solo Traveler versi TimeOut 2024

Majalah perjalanan asal Inggris telah merilis sembilan negara terbaik untuk para perempuan solo traveler. Beberapa negara tersebut antara lain Vietnam, Australia, Guatemala, dan Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan solo traveller masih menjadi tren. Menurut survei terbaru, lebih dari separuh perempuan Gen Z mempertimbangkan untuk bepergian ke luar negeri sendirian. Hal ini berarti semakin banyak perempuan yang pergi ke destinasi yang jauh untuk mencari teman baru, budaya berbeda, dan pengalaman berkesan.

TimeOut, majalah travelling asal Inggris baru saja merilis sembilan negara terbaik sebagai destinasi liburan para perempuan solo traveler. Berikut adalah 9 negara terbaik untuk solo traveler:

1. Sri Lanka

Dalam daftar tersebut, Sri Lanka berada di tingkat pertama negara terbaik untuk para perempuan yang ingin bepergian sendiri. Pulau kecil di selatan India ini memiliki pesona tersendiri bagi pelancong perempuan yang ingin menyelami kebudayaan Asia yang kaya.

Selain itu, Sri Lanka memang sudah populer di kalangan bagpacker dengan destinasi seperti situs bersejarah UNESCO di Dambulla dan Sigiriya atau kebun teh di Nuwara Eliya. Sri Lanka juga menawarkan pantai-pantai yang tak kalah indahnya dengan Maladewa juga pengalaman wisata gastronomi dengan makanan Asia Selatan yang terkenal enak luar biasa.

2. Portugal

Setelah Sri Lanka, negara kedua terbaik untuk liburan para perempuan solo traveller adalah Portugal. Negara yang berada di sisi paling barat semenanjung Eropa ini menawarkan wisata sejarah yang memanjakan mata dengan jejeran kastil dan istana bergaya Baroque, jalur hiking, dan pantai dengan hawa Atlantis yang hangat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Ceko

Ceko berada di urutan ketiga dalam daftar tersebut. Salah satu negara kecil di Eropa Tengah ini cocok untuk perempuan yang ingin melakukan perjalanan bagpacker sendirian. Makanan yang enak, bar yang tidak terlalu mahal serta pemandang kota khas Gotik tentu saja jadi alasan mengapa Ceko ada di posisi ini.

4. Jepang

Tentu Jepang harus masuk dalam daftar destinasi untuk solo traveler. Selain kaya wisata budaya, transportasi di Jepang sudah sangat terintegrasi untuk berbagai kota sehingga sangat memungkinkan solo traveler menjelajah sendirian. 

Jepang juga sangat menarik, tak cukup hanya sekali datang. Saat menyambangi Negeri Sakura tiap musim, pelancong akan menemukan sensasi pengalaman yang berbeda.

5. Guatemala

Guatemala merupakan inti peradaban Maya, yang meluas ke seluruh Mesoamerika. Negara Amerika Tengah yang berada di selatan Meksiko, adalah rumah bagi gunung berapi, dan hutan hujan. Jika jalan-jalan ke ibu kotanya, Anda akan bisa melihat Istana Kebudayaan Nasional yang megah dan Museum Arkeologi dan Etnologi Nasional.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Lengkap 9 Negara Terbaik untuk Perempuan Solo Traveler

Selain lima negara tadi, ada Jepang yang menempati posisi keempat dalam daftar. Budaya Jepang yang penuh etika tidak hanya jadi alasan bagi para perempuan solo traveller namun juga semua kalangan pelancong yang memilih Jepang sebagai tempat berlibur mereka.

Ditambah lagi lokasi wisata spektakuler yang sudah mendunia seperti Shibuya di Tokyo, gunung Fuji, wisata budaya di Kyoto, hingga wisata pantai dan budaya di Okinawa. Pada kategori Amerika Selatan dan Karibia, Guatemala menjadi tempat kelima terbaik untuk para perempuan solo traveller di dunia.

Jalanan yang dipenuhi dengan bangunan berwarna di Antigua, air terjun biru Semuc Champey, danau indah Atitlán, piramid kuno di Tikal, ditambah infrastruktur yang baik menjadikan negara kepulauan ini pilihan tepat bagi para perempuan untuk mencari pengalaman dan teman baru.

9 Negara Terbaik untuk Para Perempuan Solo Traveller versi TimeOut 2024

  1. Sri Lanka
  2. Portugal
  3. Ceko
  4. Jepang
  5. Guatemala
  6. Vietnam
  7. Australia
  8. Yunani
  9. Selandia Baru

 

4 dari 4 halaman

Tips Liburan Sendirian agar Tetap Aman bagi Perempuan

Sebelum pergi, pastikan Anda sudah mengemas barang secara cermat. Berkemas dengan cermat bukan soal caranya namun pakaian apa yang dibawa dan astikan pakaian tersebut menghormati budaya lokal.

Buatlah salinan paspor, SIM, dan visa, serta jangan lupa untuk punya pegangan uang tunai dan charger telepon serta power bank. Pertimbangkan juga untuk membeli ransel anti maling dan kunci bagasi jika memungkinkan.

Selalu pastikan kamu mengetahui informasi penting, seperti rute umum, nomor kontak lokal penting, dan pengetahuan lainnya terkait lokasi yang ingin kamu kunjungi. Selain itu, pakai aplikasi Maps.me yang tetap bisa digunakan untuk penunjuk arah meskipun tanpa internet.

Jika ingin bertemu wisatawan lain, unduh Tourlina, yang khusus untuk wanita, atau Backpackr untuk bertemu orang-orang yang sedang dalam kegiatan bepergian melancong ke negara yang sama.

Selalu baca ulasan tur, pemandu, dan hotel, dan selalu miliki asuransi perjalanan. Terakhir, tetaplah berpikiran terbuka dan cobalah bertemu orang-orang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.