Sukses

Liarnya Teori Konspirasi Seputar Kate Middleton, Jalani Penyembuhan Pascaoperasi Atau Menghilang?

Kate Middleton tidak terlihat di depan umum sejak Natal 2023, dan ini membuat warganet berspekulasi secara liar.

Liputan6.com, Jakarta - Teori konspirasi, lelucon, dan meme seputar Kate Middleton telah jadi sorotan di media sosial baru-baru ini. Putri Wales tidak terlihat di depan umum sejak Natal 2023 dan ini membuat warganet berspekulasi secara liar.

Sementara dugaan online telah berkembang selama beberapa waktu, menurut Forbes, dikutip Kamis (14/3/2024), teori konspirasi dan meme mendominasi setelah tersiar kabar bahwa Pangeran William tidak akan menghadiri upacara peringatan King Constantine of Greece karena "hal pribadi."

Komentator gosip di media sosial menghubungkan "masalah pribadi" misterius Pangeran Wales dengan istrinya yang diduga menghilang dari pandangan publik. Pada Januari 2024, Istana Kensington mengumumkan bahwa Kate telah menjalani operasi perut dan kembali ke rumah setelah dirawat di rumah sakit.

Operasi tersebut dilaporkan sukses, namun Istana mencatat bahwa ibu tiga anak itu tidak akan kembali menjalankan tugas publik sampai setelah Paskah, dan ingin merahasiakan status medisnya. Namun, jika menyangkut keluarga kerajaan, privasi hanya memicu spekulasi yang heboh.

Para penggemar kerajaan dengan cepat menyadari bahwa bahkan tabloid Inggris belum mengambil potret Putri Wales sejak ia dirawat di rumah sakit. Rumor mulai menyebar setelah pembawa acara TV Spanyol Concha Calleja mengklaim bahwa Kate mengalami koma karena komplikasi bedah, mengutip sumber anonim di keluarga kerajaan.

Istana secara agresif membantah klaim tersebut, menggambarkannya sebagai "omong kosong belaka." Namun, hal ini tidak menghentikan minat warganet menyebarkan teori konspirasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spekulasi tentang Kate Middleton

Desas-desus telah menyelimuti Pangeran William dan Kate Middleton selama beberapa waktu, dengan rumor pernikahan yang bermasalah, perceraian yang akan terjadi, dan spekulasi Pangeran Wales selingkuh. Beberapa bahkan menduga adanya kekerasan dalam rumah tangga, mengutip rumor tentang Pangeran William yang "pemarah."

Ada juga yang mengutip klaim yang dibuat Pangeran Harry dalam memoarnya, Spare, bahwa pertengkaran antara ia dan saudara laki-lakinya telah berubah jadi kekerasan fisik. Di Reddit, salah satu komentator merangkum rumor tersebut dan mencatat betapa tidak lazimnya tidak ada foto terbaru Kate.

Ia menulis, "Ini adalah perempuan yang sama yang bisa difoto dengan rambut/riasan penuh sambil menggendong bayinya yang baru lahir dalam waktu 24 jam dari setiap kelahiran anaknya." Komentator melanjutkan dengan menyoroti bagaimana Raja Charles baru-baru ini didiagnosis menderita kanker, namun tidak menghilang dari kehidupan publik.

Komentator yang sama juga mengaitkan artikel dari tabloid Inggris The Mirror yang mengklaim Kate mudah berubah secara emosional, tapi sejak itu telah diedit, dengan nama Kate Middleton diganti Pangeran Harry. Catatan editor mengklarifikasi bahwa pihaknya keliru menulis Kate sebagai fokus bahasan.

3 dari 4 halaman

Teori Konspirasi yang Kian Liar

Pengguna lain berpendapat bahwa Kate Middleton telah menjalani pemulihan operasi plastik, dengan beberapa orang bercanda menyarankan pengencangan bokong Brasil (BBL). Ia bahkan diduga tengah memiliki potongan rambut yang tidak bagus dan membutuhkan waktu untuk menumbuhkannya.

Ketika teori-teori tersebut semakin liar, para komentator bersenang-senang, dengan bercanda menyatakan bahwa Kate telah melarikan diri dari kungkungan Istana. Kata kunci "Kate Hilang" di X, dulunya Twitter, segera berubah jadi lusinan meme, dengan sebagian besar komentator ikut serta dalam lelucon tersebut.

Situasi diperparah ketika ia merilis fotonya dengan ketiga anaknya yang telah direkayasa, memaksanya untuk meminta maaf pada Senin pagi, 11 Maret 2024. "Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan," tulis sang putri di X. "Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin."

Foto kontroversial Kate pada Minggu, 10 Maret 2024 dibagikan untuk memperingati Hari Ibu di Inggris. Lewat foto tersebut, Kate buka suara pertama kali setelah menjalani operasi perut.

"Terima kasih untuk doa baik Anda dan dukungan berkelanjutan selama dua bulan terakhir. Mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua orang," demikian bunyi unggahan di akun Instagram resmi Pangeran dan Putri Wales.

4 dari 4 halaman

Kabar Terbaru Kate Middleton

Pesan itu ditandatangani "C" yang berarti ditulis langsung Catherine Middleton. Di sana, Putri Wales dipotret di luar ruangan dikelilingi ketiga anaknya yaitu Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. Disebutkan bahwa foto itu diambil sang suami pada awal pekan lalu di Windsor.

Cuitan permintaan maaf Kate keluar setelah empat agensi foto terkemuka, yakni Reuters, Associated Press, Getty, dan AFP, menarik gambar tersebut karena banyak tanda bahwa foto itu telah direkayasa.

Di kabar terbaru, Kate terekam meninggalkan Istana Windsor bersama Pangeran William pada Senin, 11 Maret 2024, beberapa jam setelah meminta maaf usai ketahuan memanipulasi potretnya. Ia difoto berada semobil dengan suaminya yang akan menuju Westminster Abbey, tempat Pangeran William menghadiri acara Hari Persemakmuran.

Foto keduanya yang beredar di publik setelah menjalani operasi perut pada Januari 2024 itu memperlihatkan wajah Kate dari samping. Ia tidak ikut suaminya menghadiri salah satu acara kerajaan penting tersebut. Mengutip NY Post, 12 Maret 2024, Kate dilaporkan memiliki agenda pertemuan pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini