Sukses

Kesempatan Berburu Promo Akhir Pekan, dari Tiket Kereta Lebaran hingga Penerbangan Internasional

Semakin cepat Anda datang, semakin menarik promo yang disediakan, baik untuk tiket kereta lebaran maupun tiket pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan waktu luang di akhir pekan bisa dilakukan dengan berburu promo, salah satunya tiket kereta untuk mudik Lebaran 2024. Dalam program Ngopi Bareng KAI 2024, PT KAI menawarkan diskon 20 persen bagi seluruh perjalanan jarak jauh.

Diskon itu hanya berlaku untuk pembelian langsung di stasiun, salah satunya area kedatangan Stasiun Gambir Jakarta. Berdasarkan pantauan Tim Lifestyle Liputan6.com, Jumat, 1 Maret 2024, antrean calon pembeli promo tiket kereta itu tidak terlalu ramai. Hal itu terlihat dari banyaknya kursi kosong tempat calon pembeli menanti untuk dilayani petugas.

Cara pembeliannya sederhana. Pelanggan akan diminta menyebutkan tanggal dan jam keberangkatan untuk dicarikan ketersediaannya oleh petugas. Tiket yang tersedia ini bisa dibilang untung-untungan karena tidak semua ada. Tiket kereta dari Jakarta ke Bandung pada 9 April 2024, misalnya, yang diperkirakan akan menjadi H-1 Lebaran 2024 sudah habis terpesan.

Yang masih tersedia saat itu adalah hari-hari sebelumnya. Itu pun dengan jam keberangkatan tertentu, yakni pukul 06.30 WIB dan pukul 18.00 WIB saja. Soal harga, tidak ada bedanya dari hari biasa tetapi pembeli mendapat potongan harga 20 persen sehingga cukup menghemat bujet perjalanan pulang kampung.

Kondisi berbeda terjadi pada tiket perjalanan ke Jawa, khususnya Jogja. Petugas menyampaikan tiket kereta hingga H-3 dari Jakarta ke Jogja sudah ludes terpesan, yang masih tersedia adalah untuk keberangkatan pada hari H, yakni 10 April 2024. Itu pun tipe yang tersedia adalah kelas eksekutif dengan harga yang paling tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlaku di 9 Stasiun

Promo tiket kereta itu hanya tersedia sampai hari ini, Sabtu (2/3/2024). Calon konsumen harus menyiapkan KTP dan kartu debit untuk bertransaksi karena petugas tidak menyiapkan QRIS. Selain itu, pastikan tiket yang dipesan adalah benar agar tidak gigit jari saat akan melakukan perjalanan.

Selain di Stasiun Gambir, promo tersebut juga bisa didapatkan dengan bertransaksi langsung di delapan stasiun yang menggelar acara Ngopi Bareng KAI 2024, yakni Bandung, Cirebon, Semarang Tawang Bank Jateng, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, dan Jember.

Pelanggan dapat memesan tarif diskon tersebut untuk keberangkatan mulai 1 Maret 2024 sampai dengan 45 hari ke depan. Tarif diskon ini tidak berlaku untuk Kereta Compartment, Luxury, Priority, Panoramic, atau kereta wisata lainnya. Tarif diskon ini juga tidak berlaku reduksi (kecuali reduksi infant), tidak berlaku tarif khusus dan/atau diskon lainnya.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyatakan bahwa promo tersebut adalah paket bundling dengan pembagian kopi gratis bagi pelanggan KAI. Tujuannya adalah untuk mempromosikan kopi-kopi lokal Indonesia, khususnya dari daerah yang dilalui perjalanan kereta, mulai dari Sumatera Utara hingga Banyuwangi.

"Ke depannya, stasiun-stasiun kereta api akan mempromosikan kopi-kopi lokal ini," ujarnya. "Di atas kereta, kita akan gunakan kopi-kopi lokal ini. Kita akan kurasi kopi-kopi lokal untuk menjadi tambahan pelayanan bagi masyarakat, di lounge-lounge dan stasiun-stasiun," katanya di Jakarta.

3 dari 4 halaman

Berburu Promo Tiket Penerbangan Internasional

Kesempatan mendapatkan harga promo juga berlaku untuk tiket penerbangan internasional di ajang Cathay Pacific Travel Fair 2024. Pameran travel yang digelar untuk kedelapan kalinya ini berlangsung serentak di Gandaria City (Jakarta) dan Tunjungan Plaza 6 (Surabaya) selama empat hari, hingga Minggu, 3 Maret 2024.

Salah satu penawaran yang paling menarik perhatian adalah buy 1 get 2 tiket pesawat ke Hong Kong. Namun, promo tersebut hanya berlaku di tanggal-tanggal tertentu hingga periode 15 Desember 2024.

Di luar itu, ada pula penawaran harga tiket pulang pergi spesial dari Jakarta ke Hong Kong mulai Rp2,6 juta, Taiwan mulai Rp4,1 juta,  Shanghai (Rp4,2 juta), Seoul (Rp4,8 juta), Tokyo (Rp5,7 juta), Milan (Rp9,7 juta), Paris (Rp10,3 juta), dan Los Angeles (Rp14 juta). Harga tersebut sudah termasuk cashback hingga Rp1,4 juta untuk kartu kredit premium CIMB Niaga.

Cathay Pacific Country Manager Indonesia, Tony Sham menyatakan minat bepergian masyarakat semakin tinggi yang ditandai dengan peningkatan pemesanan tiket.

"Cathay Pacific juga terus meningkatkan kapasitas penerbangan, di mana pada tahun 2023 kami telah mencapai target kapasitas 70 persen dan menargetkan kapasitas 100 persen pada akhir tahun 2024. Kami juga terus berinvestasi dalam memperluas dan memodernisasi armada serta menghadirkan kembali lebih banyak destinasi untuk pelanggan kami,” kata Tony dalam sambutan pada Kamis, 29 Februari 2024.

4 dari 4 halaman

Tips Mendapatkan Untung di Travel Fair

Travel fair merupakan kesempatan besar untuk mendapatkan promo terbaik. Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk memaksimalkan manfaat dari travel fair, seperti berikut ini:

1.    Lakukan di hari pertama

Travel fair biasanya banyak menghadirkan berbagai macam promo dan diskon yang menggiurkan, namun biasanya perusahaan atau travel agent menerapkan promo tersebut dengan kuota terbatas.  Agar tidak kehabisan kuota promo murah dan menarik seperti di atas, datanglah ke travel fair di hari pertama atau kedua. Namun, jika tak sempat, tidak ada salahnya mencoba peruntungan di hari berikutnya.

2.    Pilih paket wisata bundling

Meskipun banyak menawarkan tiket pesawat perjalanan murah, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli paket wisata bundling saat di travel fair. Hal ini dapat menekan budget perjalanan wisata, terlebih paket wisata bundling biasanya sudah menyediakan akomodasi dan segala kebutuhan saat berada di luar negeri, seperti tiket pesawat, hotel, makanan hingga objek wisata. Selain bisa jauh lebih hemat, kebutuhan selama perjalanan bisa terakumulasi dengan baik, dan menekan biaya pengeluaran tak terduga.

3.    Membuka tabungan valas di booth travel fair

Tabungan valas (valuta asing) merupakan jenis tabungan yang menggunakan mata uang asing. Dengan memiliki tabungan valas yang sesuai dengan negara tujuan berwisata, sejumlah keuntungan bisa diperoleh seperti menghindari biaya konversi, lebih fleksibel saat bertransaksi selama berwisata, serta relatif lebih aman karena tidak perlu membawa uang tunai yang dapat meningkatkan risiko kehilangan dan pencurian.

4.    Mendaftar proteksi dan asuransi 

Walau melancong dengan bujet terbatas,proteksi diri tetap menjadi prioritas. Membeli asuransi perjalanan adalah langkah cerdas untuk melindungi diri dari risiko tak terduga seperti kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan, atau kecelakaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.