Sukses

Pangeran Harry Bakal Pertimbangkan Kembali Bertugas di Kerajaan Usai Raja Charles III Didiagnosis Kanker

Pangeran Harry dilaporkan akan mempertimbangkan untuk memperbaiki keretakan kerajaan dan kembali ke tugas kerajaannya jika Raja Charles III memintanya. Kabar itu merupakan respons Harry di tengah diagnosis kanker yang diderita sang raja.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dilaporkan akan mempertimbangkan untuk memperbaiki keretakan kerajaan dan kembali ke tugas kerajaannya jika Raja Charles III memintanya. Kabar itu merupakan respons Harry di tengah diagnosis kanker yang diderita sang raja.

Mengutip dari laman NY Post, Sabtu (17/2/2024), orang dalam kerajaan mengatakan kepada Page Six pada Jumat, "Saya sulit percaya jika ayahnya meminta bantuannya bahwa Harry akan mengatakan tidak, saya pikir dia akan mencobanya." Namun, sumber tersebut mencatat, "Saya rasa itu bukanlah sesuatu yang Harry akan minta [lakukan] sendirian."

Di sisi lain, Harry memecah kebisuannya tentang diagnosis Raja Charles pada hari Jumat dengan wawancaranya di “Good Morning America.” Saat itu, Harry berada di Kanada untuk pelatihan Invictus Games.

Suami Meghan Markle itu mengatakan kepada pembawa acara reporter Will Reeve bahwa dia mengetahui tentang diagnosis ayahnya, selama perawatan ketika berbicara dengannya. "Saya naik pesawat dan pergi menemuinya sesegera mungkin," jelasnya, mengacu pada perjalanan 24 jamnya ke London minggu lalu untuk menemui ayahnya yang sakit.

"Saya cinta keluarga saya. Fakta bahwa saya bisa naik pesawat dan menemuinya serta menghabiskan waktu bersamanya – saya bersyukur untuk itu," tambahnya.

Ketika Reeve bertanya tentang pandangannya terhadap kondisi kesehatan Charles usai didiagnosis kanker, Harry menjawab, "Itu masih menjadi urusan saya dan dia." Namun, mantan kepala pelayan Raja Charles, Grant Harrold secara eksklusif mengatakan kepada The Post pada hari Jumat bahwa Raja "tidak akan senang" tentang pengungkapan Harry tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Harry di Media Menggangu Keluarga Kerajaan

"Jika Harry akan berdiskusi hebat tentang apa pun, mungkin saja para bangsawan tidak akan terlalu senang,"ungkap Harrold.

Ia menyambung, "Saya tidak tahu mengapa Harry merasa perlu untuk berbicara, itu yang saya tidak mengerti. Katakanlah jika hal itu mengganggu keluarga kerajaan, maka tindakan Harry hanya akan membuat mereka semakin kesal."

Harrold melanjutkan, "Harry bisa saja bertanya kepada keluarganya apakah mereka senang dia membicarakannya secara terbuka, tapi saya tidak mengerti, dan dari pengalaman saya sendiri dengan rumah tangga, saya tidak melihat hal itu terjadi."

"Saya rasa William dan raja tidak akan senang dengan wawancara Harry. Meskipun raja sudah membagikan beberapa informasi tentang diagnosisnya, dia sangat merahasiakannya," tambahnya.

Harry (39) dan istrinya, Meghan Markle (42), diketahui mengundurkan diri sebagai anggota senior keluarga kerajaan pada tahun 2020. Dia tetap menjadi penasihat negara – dan pewaris takhta kelima – tetapi diperkirakan tidak akan dipanggil untuk menduduki takhta menggantikan Raja sekarang, karena dia telah menjadikan California sebagai rumahnya.​

3 dari 4 halaman

Semringah Saat Bertemu Raja Charles III

Pangeran Harry dikabarkan semringah setelah mengunjungi Raja Charles III, pekan lalu. Kata seorang sumber, Duke of Sussex terlihat ceria dan tersenyum selama penerbangan kembali ke Amerika Serikat (AS).

Suami Meghan Markle ini bahkan disebut "terlibat dalam percakapan yang hidup dengan staf dan sesama penumpang pesawat," dilansir dari People, Selasa, 13 Februari 2024. Bangsawan itu menghabiskan kurang dari 24 jam di Inggris, minggu lalu.

Harry terbang ke kampung halamannya untuk menemui ayahnya setelah Istana Buckingham mengumumkan bahwa Raja didiagnosis menderita kanker. People melaporkan Raja Charles secara pribadi memberi tahu putranya Pangeran William dan Pangeran Harry, serta anggota keluarga lain, tentang diagnosis tersebut sebelum pengumuman publik.

Duke of Sussex menaiki penerbangan dari Los Angeles dan tiba di London pada Selasa, 6 Februari 2024. Harry pergi tanpa istrinya, Meghan Markle, dan kedua anak mereka: Pangeran Archie dan Putri Lilibet.

4 dari 4 halaman

Pertemuan Pertama Ayah dan Anak

Begitu sampai, Pangeran Harry diyakini mengadakan pertemuan singkat dengan Raja Charles di Clarence House sebelum Raja dan Ratu Camilla meninggalkan London menuju Sandringham pada Hari Aksesi Ratu Elizabeth. Reuni tersebut menandai pertemuan pertama ayah dan anak tersebut sejak upacara penobatan Raja pada Mei 2023.

"Itu bagus," kata seorang sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan pada People secara eksklusif dalam cerita sampul minggu ini. "Mudah-mudahan (Harry) suatu saat nanti pun akan membawa cucu-cucu Raja, karena itu akan jadi hal yang menyenangkan bagi mereka semua."

Duke of Sussex tampak berada di Bandara Heathrow London pada Rabu, 7 Februari 2024, lalu mendarat ke California pada Kamis, 8 Februari 2024. Ia kemudian membuat penampilan mengejutkan di Las Vegas malam itu.

Pangeran Harry tampil di NFL Honors di Resorts World Theatre untuk menganugerahkan Walter Payton NFL Man of the Year pada tekel bertahan Pittsburgh Steelers, Cameron Heyward. "Selamat malam, NFL," sapa Duke of Sussex. "Suatu kehormatan dapat bersama kalian semua malam ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.