Sukses

Viral Potret Lama Prabowo Saat Menikahi Titiek Soeharto Tahun 1983, Riasannya Bikin Pangling

Foto jadul pernikahan Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto viral lagi di media sosial. Sejumlah warganet dibuat salfok dan pangling dengan riasan wajah Titiek.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan calon presiden (capres) nomor urut 02 di Pemilu 2024, Prabowo Subianto dengan mantan istrinya, Titiek Soeharto kembali ramai dibahas. Banyak warganet dan pendukung mereka berharap keduanya akan rujuk kembali.

Momen itu sepertnya membuat warganet kembali membagikan foto-foto lama Prabowo dan Titiek. Salah satunya, foto jadul pernikahan Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto viral lagi di media sosial. Sejumlah warganet dibuat salah fokus (salfok) dan pangling dengan riasan wajah Titiek ketika menikah pada 1983 lalu.

Keduanya menikah pada 8 Mei 1983 lalu dan dikaruniai seorang anak bernama Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau lebih dikenal dengan Didit Hediprasetyo. Pernikahan Prabowo dan Titiek dulu digelar sangat meriah dan mewah di kawasan TMII (Taman Mini Indonesia Indah), Jakarta Timur. Lokasi tepatnya adalah Pendopo Sasono Agung Utomo dan Sasono Langen Budaya.

Saat itu TMII masih dimiliki keluarga Soeharto atau Keluarga Cendana. Hampir 41 tahun berlalu, pernikahan Prabowo dengan anak keempat Soeharto masih terus menjadi perbincangan. Di media sosial juga cukup banyak akun yang membagikan ulang potret ketika Prabowo menikahi pemilik nama lengkap Siti Hediati Hariyadi itu.

Salah satunya adalah akun TikTok @ellenmua. Akun itu mengunggah beberapa foto jadul yang menunjukkan pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto, mulai dari persiapan sebelum menikah hingga acara resepsi yang diambil dari berbagai sumber.

Dari unggahan tersebut diketahui bahwa pesta pernikahan Titiek Soeharto dan Prabowo digelar dengan memakai adat Jawa. Mereka menjalani beberapa prosesi pernikahan yang begitu meriah.

Dalam salah satu foto Prabowo muda yang kala itu bertugas di Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha) tampil gagah mengenakan seragam. Sementara Titiek mengenakan kebaya serta riasan pengantin lengkap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makeup Artist Titiek Soeharto

Banyak warganet mengomentari riasan Titiek ketika menikah. Titiek yang saat itu masih berusia 24 tahun terlihat tampil begitu cantik ketika menjalani rangkaian prosesi pernikahannya dengan Prabowo. Kecantikannya berhasil menuai rasa kagum warganet.

"Tahun 1983 belum ada kamera 360, belum ada MUA yang sehebat sekarang. Artinya, Bu Titiek real cantik banget pada masa mudanya," komentar seorang warganet.

"Wajarlah Makeupnya bagus, secara anak presiden ygan Nikah pastilah cari MUA yang terbaik," kata warganet yang lain.

"MasyaaAllah cantik banget Bu Titiek, pantas tidak ada yang bisa menggantikannya di hati pak Prabowo," puji warganet yang lain.

"Biasanya keluarga cendana pake alm ibu Tienuk Riefky, perias impian untuk pengantin jawa pada masanya termasuk saya," timpal warganet lainnya merujuk nama Tienuk Riefky, MUA legendaris yang pernah jadi perias pengantin langganan Keluarga Cendana dan keluarga Presiden SBY.

Video berisi kumpulan foto jadul pernikahan Prabowo dan Titiek Soeharto yang awalnya dibagikan pada 1 Desember 2023 itu belakangan kembali viral. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 16 juta kali dan 621 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Prabowo dan Titiek Diminta Rujuk

Sayangnya, pernikahan Prabowo dan Titiek berakhir setelah 15 tahun. Pasangan ini diumumkan bercerai pada 1998, bertepatan dengan runtuhnya rezim orde baru yang dipimpin oleh Soeharto.

Sementara itu, menurut perhitungan sementara versi hitung cepat, jumlah suara pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024 jauh melebihi kedua rivalnya. Ada banyak hal yang kemudian dibahas terkait dua sosok capres dan cawapres itu, termasuk isu lama kemungkinan Titiek rujuk dengan Prabowo.

Rumor semakin kencang berhembus karena Titiek sering hadir di berbagai momen penting, seperti perayaan ulang tahun Prabowo. Ia bahkan jadi pengurus Gerindra, partai politik yang dipimpin pria berusia 72 tahun tersebut.

Ramainya isu rujuk itu akhirnya membuat Titiek angkat bicara. Hal ini disampaikannya melalui wawancara bersama Aiman Witjaksono yang videonya kini viral di akun Instagram @lambegosiip. Dalam potongan video yang diunggah akun tersebut, Titiek mengungkapkan isi hatinya.. 

4 dari 4 halaman

Titiek Doakan yang Terbaik untuk Prabowo

 "Enggak usah kok rujuk, kita nih hubungannya baik. Tidak pernah ada perselisihan atau apa. Enggak seperti yang di infotainment kalau ada orang bercerai harus selisih-selisih atau ribut apa, kita enggak pernah ribut. Kita selalu satu suara," ungkap Titiek di video yang diunggah pada Kamis (15/2/2024).

"Saya punya anak, kita saling sama-sama membesarkan anak dan kita selalu komunikasi," lanjutnya. Anak keempat mantan Presiden Soeharto ini mengatakan, ia selalu menjalin hubungan baik dengan Prabowo.

"Kita enggak pernah berantem apa-apa. Orang tidak pernah berantem, jadi enggak ada istilah rujuk," terangnya. Mendengar jawaban itu, Aiman kembali bertanya soal perceraian Titiek dan Prabowo di masa lalu.

"Kenapa kamu mau tahu?" sahut Titiek. Tidak menyinggung perceraian, ia hanya membenarkan perpisahan dengan Prabowo. "Kami memang berpisah. Kan itu enggak perlu saya ceritain ke orang-orang," ucapnya.

Terlepas dari itu, Titiek Soeharto mengaku mendukung penuh langkah Prabowo maju sebagai calon presiden. Ia pun memberikan doa yang terbaik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.