Sukses

Nyoblos di Hari Kasih Sayang, Sandiaga Uno Beri Cokelat untuk Petugas TPS

Usai memberikan suaranyadi Pemilu 2024, Sandiaga Uno akan mengirimkan cokelat kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 001 Kelurahan Selong,, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Di Pemilu 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno sudah mencoblos di Tempat Pemungutan Suara atau di TPS 001 Kelurahan Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Usai memberikan suaranya, Sandiaga Uno akan mengirimkan cokelat kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 001 Kelurahan Selong,.

"Ini hari Valentine dan usai bertugas, nanti petugas TPS 01 akan dikirimi cokelat karena hari kasih sayang," kata Sandiaga saat akan meninggalkan TPS, Rabu (14/2/2024).  Sebelumnya, Sandi berkelakar melihat petugas KPPS mengenakan seragam bernuansa merah muda dengan bando atau aksesori kepala senada. Seorang petugas TPS mengatakan mereka sengaja memakai warna merajh muda karena Pemilu di tahun ini bersamaan dengan Hari Kasih Sayang.

"Pada mau cokelat tidak? Mau? Kerja dulu dong," kata pria yang akrab disapa Sandi ini. "Kebetulan kan ini ada hari valentine. Nah tim (inisiatif) pakai nuansa merah muda," ujar seorang saksi Panitia Pengawas TPS 001 Selong,

Sandi yang mengenakan kemeja abu-abu dan kaus hijau, tiba di TPS 001 pukul 09.10 WIB, dengan didampingi istri, Nur Asia Uno, yang berkemeja senada dilengkapi hijab hijau muda. Lalu ada ibunda dan ayah Sandi, Mien Rachman Uno,-Razif Halik Uno yang bersetelan serba putih.

"Hari ini Alhamdulillah pemenangnya adalah rakyat Indonesia, karena di hari yang sangat sejuk ini Jakarta diguyur hujan, namun suasananya sangat damai dan kondusif, sehingga kita bisa melaksanakan hak demokrasi kita, hak pilih kita," ujar Sandiaga Uno.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Sandia untuk Pemimpin Baru

 

"Kita sangat percaya bahwa penyelenggaraan pemilu ini bisa berlangsung lancar dan terus lebih baik," lanjutnya. Sebagai salah seorang peserta Pemilu 2019, Sandi melihat ada banyak perbaikan dan koreksi dalam penyelenggaraan Pemilu.

Ia berharap Pemilu 2024 bisa menghadirkan pemimpin yang mampu menjawab tantangan dalam menyongsong Indonesia emas 2045. "Pemimpin mendatang harus mendengar apa yang diinginkan oleh rakyat kecil, terutama dari masalah ekonomi, sehingga harga-harga bahan pokok dan biaya hidup ini terjangkau, biaya pendidikan, biaya kesehatan, harga-harga sembako juga," kata Sandi.

Harapan keduanya adalah lapangan kerja. Alasannya banyak masyarakat yang belum merasakan kesejahteraan, karena tidak memiliki pekerjaan dan pendapatan. "Ini saya dengar dari Aceh sampai Papua. Untuk pemerintah ke depan harus fokus dalam penciptaan lapangan kerja, khususnya bagi generasi muda kita yang produktif menuju Indonesia Emas," tuturnya.

"Ketiga adalah pemerintahan bersih dan bebas korupsi, penegakan hukum seadil-adilnya, ini yang harus terus dilakukan,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Pergerakan Wisatawan Selama Kampanye Pemilu

 

Sebelum Pemilu, masa kampanye Pemilu dan Pilpres yang berlangsung sejak 28 November 2023 sudah berakhir pada 10 Februari 2024. Ada kekhawatiran berbagai pihak kalau jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan berkurang. Tapi faktanya terjadi pergerakan wisatawan yang cukup signifikan selama masa kampanye Pemilu 2024.

"Alhamdulillah jumlah wisatawan meningkat selama masa kampanye (Pemilu 2024), bahkan jumlahnya terus meningkat dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Wisatawan mancanegara juga meningkat secara signifikan, terutama yang datang ke Bali sebagau gerbang utama wisman," terang Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar hybrid di Jakarta, Senin, 5 Februari 2024.

"Apakah peningkatan ini berkaitan dengan kampanye Pemilu atau tidak, untuk turis asing kemungkinan meningkat karena ini sebagai wujud demand yang sangat tinggi dan promosi yang berhasil kita lakukan dengan baik,” sambungnya.

Untuk pergerakan wisatawan nusantara (wisnus), Sandiaga Uno mengatakan pergerakannya juga sangat meningkat dan kemungkinan berkaitan dengan pergerakan orang yang sangat meningkat selama masa kampanye. Kenaikan jumlah wisatawan juga berkaitan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2024 dan libur Isra Mikraj-Imlek pada 7 sampai 11 Februari 2024.

 

4 dari 4 halaman

Padatnya Pengunjung Saat Libur Imlek dan Isra Mikraj

 

Menurut Menparekraf, jumlah wisatawan meningkat pesat selama libur Imlek dan Isra Mikraj 2024. Sejumlah tempat wisata favorit di beberapa daerah hampir dipenuhi pengunjung. Padatnya pengunjung saat libur panjang pada 7-11 Februari 2024 membuat tingkat keterisian hotel (okupansi) di sejumlah tempat wisata meningkat hingga 80 persen.

"Menurut laporan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tingkat okupansi hotel naik hingga 80 persen di sejumlah kawasan wisata di Sumatera Barat, Pekanbaru, sepanjang pantai pulau Jawa dan Bandung, Yogyakarta, Jawa Timur termasuk Banyuwangi sampai ke Bali," terang Sandi.

Dengan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) itu, Sandiaga menilai libur panjang pekan lalu ini menjadi salah satu bagian dari torehan dari 1,2-1,5 miliar target pergerakan wisatawan nusantara pada 2024. Sementara berkaitan dengan proyeksi perputaran uang yang terjadi pihaknya hingga kini masih melakukan penghitungan secara menyeluruh.

"Ini memang sudah sesuai dengan prediksi kita long weekend seperti kemarin ini bakal ramai. Untuk selanjutnya kita lihat lagi kondisinya setelah Pemilu," kata Sandi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.