Sukses

3 Resep Praktis Bakwan Rebon yang Renyah dan Enak untuk Lauk

Di keseharian orang Indonesia sering kali tak bisa makan tanpa gorengan, apapun itu tahu sampai bakwan akan dengan cabai rawit sangat nikmat sebagai kudapan. Bakwan utamanya juga sering jadi pelengkap lauk dalam pecel yang menambah kenikmatan saat makan.

Liputan6.com, Jakarta - Di keseharian orang Indonesia sering kali tak bisa makan tanpa gorengan, apapun itu tahu sampai bakwan akan dengan cabai rawit sangat nikmat sebagai kudapan. Bakwan utamanya juga sering jadi pelengkap lauk dalam pecel yang menambah kenikmatan saat makan.

Di Indonesia sendri tiap daerah punya kekhasan dalam membuat bakwan. Begitu pula dengan penyebutannya, seperti di Bandung, bakwan ini sering disebut sebagai bala-bala atau yeye.

Dalam bahasa Sunda Kuningan disebut pia-pia, di Jawa Tengah terutama daerah Pati makanan ini juga disebut pia-pia. Sementara kalau Anda berada di Kota Semarang disebut badak, lalu di Surabaya namanya adalah ote-ote seperti di Samarinda juga.

Di luar dari penamaannya yang unik, hampir semua resepnya berbeda-beda. Seperti bakwan rebon yang satu ini tak hanya menambahkan aneka sayuran tauge dan wortel di dalamnya. Bakwan rebon terasa lebih gurih, seperti tiga resep praktis berikut ini yang diambil dari laman berbagi Cookpad.

Bakwan Udang Rebon @Re_Milik87

Bahan-bahan:

5 sdm tepung bakwan

1 sdm rebon (cuci bersih)

1 batang daun bawang

1/2 potong bawang bombay (cincang)

1/4 sdt lada bubuk

1/4 sdt kaldu jamur

Secukupnya minyak goreng

Langkah Pembuatan:

  1. Campurkan semua bahan (kecuali minyak) Aduk rata dengan tambahkan sedikit demi sedikit air sehingga menjadi adonan. Cicipi rasanya lalu sisihkan.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu ambil sebagian adonan dan goreng sampai matang berwarna kuning kecoklatan.
  3. Bakwan sudah matang, angkat dan tiriskan serta siap disajikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakwan Daun Singkong Rebon

Resep berikutnya adalah bakwan daun singkong rebon dari @MitaNiez yang ada di laman berbagi resep Cookpad. Pemakaian sayuran daun singkong akan membuat bakwan terasa lebih renyah saat digoreng.

Bakwan Daun Singkong Rebon

Bahan-bahan:

Segenggam daun singkong

Segenggam udang rebon

1 batang daun bawang, iris

4 sdm tepung terigu

2 sdm tepung beras

Secukupnya air

1 sdm margarin (tambahan)

Secukupnya minyak goreng

Bumbu Halus:

2 siung bawang putih

2 bh bawang merah

1/4 sdt kunyit bubuk

1/4 ruas rempah jahe

1/4 sdt ketumbar

1 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya

1 sdt kaldu bubuk

Secukupnya garam

Langkah Pembuatan:

  1. Petik daun singkong dari tangkainya. Rebus hingga empuk, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Campur semua bahan dalam wadah, aduk rata agar rasanya .
  3. Panaskan minyak goreng, ambil satu sendok sayur adonan, tuang ke minyak panas sambil diratakan. Masak dengan sekali balik saja hingga kuning kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan dan sajikan selagi hangat.
3 dari 3 halaman

Bakwan Udang Rebon dan Kucai

Berikutnya adalah resep Bakwan Udang Rebon dan Kucai milik @rima2020 yang diambil dari lamab berbagi resep masakan, Cookpad.

Bahan-bahan:

40 gram udang rebon

1 ikat daun kucai

Segenggam wortel

200 gram tepung serbaguna

250 ml air

2 siung bawang putih (parut)

Minyak goreng secukupnya

Lada dan garam secukup nya

Langkah Pembuatan:

  1. Siapkan semua bahan-bahan dan cuci sayuran, potong kucai sepanjang kelingking, cuci udang rebon kemudian satukan dalam satu mangkok bersama wortel yang sudah dipotong korek.
  2. Masukan bumbu serbaguna, tepung ini sudah berbumbu jadi hanya menambahkan sedikit garam dan lada, tuangkan air sedikit demi sedikit sampai adonan agak sedikit encer (supaya kriuk pas nanti di goreng)
  3. Panas kan minyak goreng kemudian goreng bakwan tipis2 saja sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan, lakukan sampai adonan habis.
  4. Hasilnya seperti ini enak kriuk tahan lama, enak dimakan selagi hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini