Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Uyelewun di NTT yang Memiliki 2 Puncak

Gunung Uyelewun terletak di ujung timur Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur yang mencapai ketinggian sekitar 1.523 Mdpl.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Uyelewun atau Ili Uyelewun adalah sebuah gunung yang berada di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Gunung ini terletak di ujung timur Pulau Lembata yang mencapai ketinggian sekira 1.523 Mdpl.

Secara administratif Gunung Uyelewun berlokasi di perbatasan Kecamatan Omesuri dengan Kecamatan Buyasari. Gunung yang memiliki dua puncak ini merupakan gunung berapi mati atau sudah tidak aktif lagi.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Rabu (17/1/2024), Ili Uyelewun adalah salah satu gunung dengan panorama indah di Indonesia. Meskipun jarang didaki, medan berumput ini memberikan pemandangan spektakuler ke seluruh pulau Lembata, termasuk gunung berapi yang berasap, Ili Ape (Lewotolo), di sebelah barat.

Masih banyak hal mengenai Gunung Uyelewun selain ketinggian dan lokasinya. Berikut enam fakta menarik Gunung Uyelewun yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Gunung Sudah Tidak Aktif

Gunung tersebut sudah tidak aktif lagi, namun kawah kuno yang dangkal masih terlihat jelas di puncaknya. Ada juga kebun sayur yang sangat tua yang dilewati jalan setapak, tampaknya merupakan tempat peristirahatan bersejarah pada masa perang atau untuk menghindari penangkapan oleh pedagang budak.

2. Tampak Seperti Gunung Kembar

Jika sedang berada kota kecil Wairiang di kaki Gunung Uyelewun, Anda akan melihat bahwa itu adalah 'gunung kembar'. Faktanya, puncak berumput yang lebih dekat ke Wairiang adalah beberapa ratus meter lebih rendah daripada puncak yang tajam dan runcing di belakangnya. Adapun pendakian ke titik tertinggi sebenarnya langsung dari Wairiang akan melibatkan pendakian ke puncak yang lebih rendah terlebih dahulu, kemudian menurun dan kemudian kembali. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Rute Pendakian

Jika Anda ingin bermalam dengan berkemah di sana, tentunya akan sangat menyenangkan maka menyambangi Gunung Uyelewun akan sangat bagus. Namun bagi mereka yang ingin melakukan pendakian sehari disarankan untuk naik ojek pulang pergi ke Meluwiting.

Tarifnya per sekali jalan sekitar Rp50.000 untuk perjalanan selama satu jam. Ujung jalan setapak di ketinggian 364 mdpl adalah persimpangan tak bertanda dengan jalur pertanian lebar yang mengarah ke lereng bukit.

Sebaiknya pakai pemandu lokal di sekitar sini karena penting mengingat persimpangan yang tidak ditandai. Setelah berjalan santai menyusuri jalur tersebut, jalur tersebut menyempit dan mengarah ke kanan hingga ke sebuah dusun kecil (ketinggian 538 mdpl) yang terdiri dari 3 atau 4 gubuk dan biasanya beberapa karung kemiri.

Dari sini dibutuhkan waktu satu jam lagi melewati hutan menuju kebun sayur kuno (ketinggian 1.084 mdpl). Ada banyak kehidupan burung di gunung ini, terutama berkat masyarakat setempat yang tidak memburu mereka. Di kebun sayur inilah, berabad-abad yang lalu, masyarakat setempat mundur untuk menghindari konflik atau penangkapan oleh pedagang budak.

 

3 dari 4 halaman

4. Pemandangan Pantai Lembata

Setelahnya pendaki akan melewati perjalanan yang agak sulit tapi terbayarkan dengan pemandangan garis pantai Lembata yang menakjubkan dan pegunungan jauh di sebelah barat. Dari kebun sayur, Anda harus mengikuti jalan setapak sebelum mencapai ujung bawah bagian gunung yang berumput (1.137 mdpl) yang ditumbuhi pohon-pohon eukaliptus.

Pemandangannya sangat indah, ada juga beberapa batu besar dan tanda-tanda jalan setapak yang tepat sulit ditemukan dari titik ini karena pada dasarnya Anda hanya 'mendaki' lereng gunung yang berumput. Punggungan berumput pun tiba-tiba menjadi sangat curam.

Berjalanlah perlahan dan duduklah sesekali untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan. Akhirnya Anda akan mencapai apa yang Anda anggap sebagai puncak yang sebenarnya adalah sisa-sisa tepi kawah kuno.

5. Lokasi Puncak Sebenarnya

Rupanya gundukan di tengah kawah adalah bekas desa berabad-abad yang lalu, meskipun kesan pertama adalah bahwa itu adalah gundukan vulkanik yang tumbuh subur di dalam kawah. Puncak sebenarnya terletak sedikit di belakang tepi kawah.

Yang terbaik adalah melakukan sirkuit berlawanan arah jarum jam, yang memakan waktu total sekitar 1 jam. Anda akan mencapai beberapa piramida batu kasar atau kuburan tepat di bawah puncak sebenarnya. Terdapat pohon eukaliptus indah yang tumbuh di atasnya namun tetap memberikan pemandangan luar biasa ke segala arah. 

 

4 dari 4 halaman

6. Pemandangan Menakjubkan dari Atas Puncaknya

Peta Bakosurtanal memberi label puncak ‘Ile Ujelewungkedang’ dengan ketinggian 1.521m. Baik nama ini maupun ejaan kuno Ujolewung tampaknya popularitasnya telah diambil alih dengan nama 'Uyelewun'.

Tepat di luar titik tertinggi, Anda dapat melihat puncak terbawah (1.376 mdpl di peta Bakosurtanal) yang lebih dekat ke Wairiang dan berapa banyak penurunan yang ada di antara keduanya. Peta menyatakan ketinggiannya berada di 1.213 mdpl), di mana terdapat juga dua kuburan kuno di dekat sini.

Ili Werung, Ili Labalekang dan Ili Ape (Lewotolo) semuanya terlihat jelas di sebelah barat dalam kondisi cuaca yang baik dan puncak Ili Uyelewun adalah salah satu puncak paling menyenangkan di Indonesia. Beri diri Anda waktu ekstra agar bisa duduk di sini dengan suhu sempurna setidaknya selama satu jam.

Tentu saja, menuruni bukit yang curam dan berumput membutuhkan kehati-hatian yang tinggi. Pergelangan kaki yang terkilir sangat mungkin terjadi mengingat medannya. Total dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak, 1 jam untuk sirkuit dan kemudian 3 jam kembali ke jalan utama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini