Sukses

Prosesi Penobatan Raja Denmark Baru Tak Akan Semewah Inggris, Hotel dan Restoran Tetap Ludes Terpesan

Ratu Margrethe II akan turun takhta dan digantikan Putra Mahkota Pangeran Frederik sebagai Raja Denmark baru. Penobatannya tidak akan melibatkan mahkota dan benda-benda mewah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara penobatan Raja Denmark baru bakal digelar pada hari ini, Minggu (14/1/2024). Ratu Margrethe II akan mengakhiri kekuasaannya selama 52 tahun untuk digantikan dengan Putra Mahkota Pangeran Frederik dalam prosesi sederhana.

Mengutip laman Guardian, tak seperti upacara penobatan Raja Inggris pada 6 Mei 2023, Denmark jauh kurang gemerlap. Tak akan ada mahkota berhias pemata, singgasana emas, ataupun jubah bulu dalam momen tersebut. Hal itu sejalan dengan pengenalan konstitusi negara itu pada 1849.

Sebuah prosesi yang diikuti oleh Frederik, Mary, dan Ratu Margrethe akan dilaksanakan dengan hanya menandatangani dokumen. Setelah itu, Perdana Menteri Denmark akan memproklamirkan Frederik sebagai Raja Denmark baru di balkon Istana Christiansborg pada pukul 3 sore waktu setempat. 

Walau tak semewah Inggris, bukan berarti prosesi turun takhtanya Ratu Margrethe II dilakukan tanpa persiapan. Pada Jumat, 11 Januari 2024, sebuah mobil polisi diparkir di tengah jalan untuk memblokade lalu lintas. Beberapa menit kemudian, alun-alun dipenuhi suara tapak kuda di atas jalan berbatu ketika para penunggang datang membawa instrumen kuningan dan pedang perak diikuti oleh kereta kosong yang ditarik oleh enam kuda. 

Warga Denmark juga menunjukkan antusiasmenya menjelang momen bersejarah yang terakhir kali terjadi sekitar 900 tahun yang lalu di Denmark. Segera setelah Ratu Margrethe mengumumkan rencana turun takhtanya di malam Tahun Baru 2024, pesanan kamar hotel dan restoran membludak, beberapa di antaranya sudah ludes terpesan. Warga dari berbagai daerah sepertinya ingin mengucapkan selamat tinggal langsung pada sang ratu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sampai Tambah Pegawai

Juru bicara organisasi pariwisata Wonderful Copenhagen, Rikke Holm Petersen berkata, "Tepat setelah Yang Mulia Ratu mengumumkan dalam pidato tahun barunya bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai ratu Denmark pada 14 Januari, orang-orang mulai memesan hotel di Kopenhagen untuk akhir pekan. dari suksesi kerajaan."

Di Bistro Royal, di sudut Kongens Nytorv, tempat prosesi akan berlangsung pada hari ini, mereka harus merekrut lebih banyak staf untuk akhir pekan bulan Januari yang biasanya tenang. Asisten manajer, Lasse Rigtrup, yang menyiapkan menu hari itu mengatakan dia memperkirakan restoran dan area tersebut akan dipenuhi oleh orang-orang yang ingin melihat sekilas para bangsawan.

"Mereka akan datang dari sudut sini," katanya sambil menunjuk ke jalan. "Jadi kita akan kedatangan tamu yang ingin berada di dekat jendela, tapi kita juga akan melakukan sesuatu di luar."

Pria berusia 31 tahun itu mengatakan dia gembira dengan raja baru, yang 'memiliki banyak nilai-nilai modern'. "Ini adalah sesuatu yang belum pernah terjadi dalam hidup saya, jadi ini akan menjadi sangat istimewa bagi banyak orang."

Rigtrup sedang bekerja pada malam pengumuman turun takhta ratu dan menyaksikan para tamu mulai menerima berita melalui telepon mereka. "Itu benar-benar seperti sebuah bom yang meledak di benak orang-orang."

3 dari 4 halaman

Warga Antusias Melihat Prosesi Turun Takhta

 

 

Sementara itu, Anita Laugesen dan Casper Grønbelh tidak bisa menyembunyikan antusiasme mereka terhadap keluarga kerajaan yang lewat saat mereka sedang mendorong sepeda. Pasangan yang mengaku bukan pendukung kerajaan itu mengaku akan menonton prosesi tersebut di televisi.

Laugesen, seorang pekerja bank, berpendapat, "Menurut saya kebanyakan orang merasakan hal yang sama seperti kami. Mereka [keluarga kerajaan] melakukan pekerjaan dengan baik dan tidak ada yang tidak disukai."

Menatap panggung dengan latar belakang wajah ratu yang tersenyum dan tulisan “Danmarks dronning den største tak” (Ratu Denmark, terima kasih sebesar-besarnya), Masoumeh Mirzaei mengaku merasa emosional saat ratu mundur. "Ini bukan negara saya, saya dari Afghanistan, saya sudah berada di Denmark sekitar lima tahun," kata mahasiswa tersebut.

"Entah kenapa aku merasa dia juga ratuku. Dia yang terbaik."

Namun, tidak semua sependapat, seperti sekelompok mahasiswa humaniora Universitas Roskilde. "Bagi saya, hal ini terasa sangat tidak relevan," kata Sigga Slente. "Saya tahu ada argumen mengenai manfaat pariwisata dan perekonomian, namun bagi saya hal ini terasa sangat kuno karena ada yang dilahirkan untuk menjadi kaya."

4 dari 4 halaman

Suara Penentang Monarki

Pendapat senada dilontarkan Andreas Grønnebæk. "Saya seorang anarkis dan saya sangat anti-monarki karena mereka mewakili masa represif dan kolonial dalam sejarah Denmark dan menurut saya kita tidak harus merayakannya."

Sementara, Ravin Gomei mengkritik keluarga kerajaan yang hidup dari dana pembayar pajak. "Masyarakat lainnya harus menemukan cara untuk bertahan hidup."

Keluarga kerajaan Denmark diketahui menerima lebih dari 120 juta kroner Denmark (sekitar Rp273 miliar) uang pembayar pajak tahun lalu. Di Inggris, hibah negara untuk tahun 2022-23 adalah £86,3 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

Pemerintah Denmark sedang dalam proses menyelesaikan undang-undang baru, yang berdasarkan konstitusi diwajibkan pada kedatangan raja baru, untuk mengalokasikan keuangan kerajaan. Diperkirakan keluarga tersebut akan membutuhkan lebih banyak uang.

Menteri Keuangan Denmark, Nicolai Wammen, seorang anggota Partai Sosial Demokrat, mengatakan pada Jumat bahwa keluarga kerajaan harus 'modern dan siap menghadapi masa depan' tetapi mereka harus memiliki dana yang cukup untuk melakukan pekerjaan mereka dan pemerintah 'berkomitmen penuh' untuk hal ini. Pemerintah juga mempertimbangkan untuk berperan lebih besar dalam pemeliharaan dan modernisasi istana kerajaan, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini