Sukses

13 Destinasi Wisata di Jawa Timur untuk Liburan Akhir Tahun Seru dan Tak Terlupakan

Jawa Timur menawarkan banyak pengalaman berwisata yang memikat. Mulai dari wisata alam seperti pantai, air terjun dan pegunungan, wisata budaya hingga buata yang mempesona.

Liputan6.com, Surabaya Musim liburan sekolah dan akhir tahun segera tiba. Bagi kalian yang belum menentukan tujuan berlibur dapat memilih Jawa Timur. Daerah ini menawarkan banyak pengalaman berwisata yang memikat. Mulai dari wisata alam seperti pantai, air terjun dan pegunungan, wisata budaya hingga buata yang mempesona.

Selain dijamin lebih terjangkau dibandingkan liburan ke luar negeri, destinasi-destinasi wisata #DiJatimAja juga menyimpan cerita dan keunikan tersendiri. Sehingga menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut wisata #DiJatimAja yang wajib kalian kunjungi saat liburan tiba.

1. Menyaksikan indahnya matahari terbit di Gunung Bromo

Ikon wisata Jatim satu ini wajib dikunjungi saat liburan #DiJatimAja. Hawa sejuk dan pemandangan matahari terbitnya memang tiada duanya. Setelah puas menikmati pemandangan matahari terbit, wisatawan dapat mengeksplor lautan pasir dengan menunggang kuda atau mendaki ke bibir kawah, atau menikmati hamparan padang savana yang mulai menghijau pasca tragedi kebakaran lalu.

2. Melihat Fenomena Blue Fire di UNESCO Global Geopark Ijen, Banyuwangi – Bondowoso

Jawa Timur memiliki salah satu taman bumi yang sudah ditetapkan oleh UNESCO menjadi UNESCO Global Geopark (UGGp). Ijen Geopark terletak di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso menawarkan pengalaman berwisata menjelajahi situs geologi dan budaya. Salah satu dari banyak situs geologi yang mempunyai keunikan tersendiri adalah Kawah Ijen dengan fenomena Blue Fire.

Fenomena alam Blue Fire yang tercipta karena pertemuan gas belerang dengan udara sekitar. Gas belerang bertekanan tinggi menyembur dari celah-celah bebatuan dengan suhu mencapai 600 derajat celcius. Fenomena Blue Fire ini diyakini hanya terdapat di Indonesia. Meskipun beberapa waktu lalu dapat dinikmati oleh pengunjung, saat ini pendakian Blue Fire sedang ditutup karena alasan keamanan. Namun kalian bisa tetap menikmati pemandangan Kawah Ijen yang tidak kalah menakjubkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Bersnorkling ria di Pulau Gili dan Noko - Bawean

Jawa Timur juga punya wisata yang vibesnya menyerupai Maladewa. Pasir pantainya berwarna putih dan laut sekitarnya terlihat biru dengan gradasi antara biru muda, tosca dan biru tua. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan bawah lautnya yang indah dengan karang laut dan ikan berwarna warni yang dapat dilihat dengan mata telanjang karena kejernihan air lautnya. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas wisata seperti snorkeling, melihat pemandangan bawah laut dari atas kapal atau sekedar bersantai di pantai sambil menikmati seafood di warung pinggir pantai dengan minuman air kelapa muda. Tempat yang sangat cocok untuk melepas penat bekerja kan!

4. Berswafoto di Pantai Papuma

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Papuma di Kabupaten Jember? Pantai nan cantik ini memiliki garis Pantai dengan pasir putih dan batu-batu karang kokoh. Papuma sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Pasir Putih Malikan. Walaupun pantainya sangat indah namun wisatawan dilarang berenang disini karena ombaknya yang berbahaya.

5. Seru bersama keluarga di Jawa Timur Park + wahana baru Drive Thru Park

Liburan seru bersama keluarga pasti tak lepas dari Jatim Park. Ada banyak sekali wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga seperti Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Batu Night Spectacular, Museum Angkut, dan Dino Park. Tidak hanya itu, Jatim Park Group terus berinovasi memanjakan pengunjungnya, menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru 2024, ini dia wahana terbarunya yaitu Drive Thru Park yang baru saja diresmikan pada tanggal 25 November 2023 lalu.

Drive Thru Park terletak di Jatim Park 2 menawarkan pengalaman berwisata baru mengelilingi wahana wisata tanpa perlu lelah berjalan kaki. Pengunjung akan diajak berkeliling ke 17 area tematik yang dapat dijelajahi secara private menggunakan mobil pribadi masing-masing atau menggunakan kendaraan shuttle yang sudah disediakan. Sangat cocok bagi kalian yang ingin berlibur bersama keluarga.

3 dari 5 halaman

6. Menjelajah rimbanya Meru Betiri dan Alas Purwo

Bagi jiwa-jiwa petualang, Jawa Timur adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan jiwa petualang kalian. Jawa Timur memiliki 4 (empat) Taman Nasional yang sangat cantik diantaranya adalah Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kabupaten Banyuwangi yang juga dikenal sebagai hutan hujan alami di Pulau Jawa. Di sini terdapat kurang lebih 580 jenis flora dan 50 jenis fauna yang tersebar di seluruh penjuru hutan.

Taman Nasional Alas Purwo terbagi menjadi empat zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan zona penyangga. Salah satu daya tarik utama di Taman Nasional Alas Purwo adalah Pantai Plengkung (G-Land) yang terkenal dengan ombak terbaik dunia untuk olahraga surfing. Pernah menjadi tuan rumah gelaran World Surf League (Liga Surfing Dunia) yang diikuti oleh peselancar terbaik dunia.

Pengalaman wisata petualangan juga bisa dirasakan di Taman Nasional Meru Betiri yang wilayahnya secara administratif masuk ke dalam 2 Kabupaten yaitu Banyuwangi dan Jember. Daya tarik utama disini adalah konservasi penyu raksasa jenis Penyu Hijau, Penyu Belimbing dan Penyu Sisik dari Hindia dan Pacific di Pantai Sukamade. Kalian akan diajak merasakan sensasi petualangan menyaksikan penyu bertelur jika bermalam disini. Penyu-penyu tersebut biasanya naik ke Pantai untuk bertelur di malam hari.

Namun untuk menyaksikan kejadian ini pengunjung harus sabar menunggu di gelapnya Pantai tanpa suara dan sinar sedikitpun karena bisa membuat penyu terganggu dan batal bertelur. Setelah proses bertelur selesai dan Penyu kembali ke laut, petugas Taman Nasional akan memindahkan dan merawat telur-telur tersebut sampai menetas. Kemudian tukik (anak penyu) akan dilepaskan kembali ke laut.

7. Bersafari di Africa van Java/Taman Nasional Baluran

Ketika memasuki wilayah Taman Nasional Baluran, suasana petualangan langsung terasa. Jalur masuknya melewati jalanan yang diapit hutan dan semak belukar di kanan kiri. Setelah itu wisatawan akan disambut dengan pemandangan padang sava uang luas yang menjadi salah satu daya tarik utama di Taman Nasional Baluran yaitu padang Savana Bekol. Vibes di Savana Bekol ini menyerupai padang savana di Afrika dengan hewan-hewan yang berlarian bebas seperti monyet, rusa dan kijang. Tak heran rasanya bila Taman Nasional Baluran mendapat julukan Africa Van Java.

Puas berfoto dengan latar belakang padang savana, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bama. Tidak banyak yang tahu pantai nan cantik ini karena letaknya yang tersembunyi di dalam Taman Nasional Baluran. Pantai ini berpasir putih bersih dengan laut toscanya yang tenang. Sangat cocok untuk berswafoto ria. Karena merupakan kawasan konservasi maka pengunjung dilarang memberi makan hewan-hewan yang berkeliaran.

4 dari 5 halaman

8. Mengeksplor derasnya Air Terjun dari Madakaripura, Tumpak Sewu hingga Sedudo

Keindahan alam Jawa Timur memang cocok menjadi tujuan wisata melepas penat di hari libur. Selain Pantai wisata ke air terjun juga menjadi salah satu pilihan melepas penat dengan menghirup hawa segar dan air alami pegunungan yang sejuk. Jawa Timur memiliki banyak wisata air terjun nan cantik yang bisa kalian kunjungi. Diantaranya Madakaripura di Pasuruan, Tumpak Sewu di Lumajang, Sedudo di Nganjuk dan masih banyak lagi.

Meskipun tak jarang akses menuju air terjun sangat menantang, namun semua rasa lelah dan penat akan terbayar saat kita sampai di air terjun tersebut. Jangan lupa mempersiapkan baju ganti jika ingin bermain air dan tetap waspada akan kondisi alam terutama ketika terjadi kenaikan debit air terjun.

9. Bersantai di pantai sepanjang jalur lintas selatan Jawa

Berwisata bersama keluarga atau sahabat berpetualang melintasi Jalur Selatan Jawa Timur bisa menjadi pilihan tersendiri menghabiskan libur akhir tahun. Saat melintas sepanjang JLS wilayah Malang, Tulungagung, Trenggalek sampai dengan Pacitan, wisatawan akan merasakan suasana melintasi jalanan diantara perbukitan dengan pemandangan pantai nan cantik seperti Pantai Batu Bengkung, Balekambang, Gemah, Midodareni, Prigi, Mutiara, Karanggongso, Soge, Pancer Door, hingga Pantai Klayar.

Tak jarang wisatawan berhenti sejenak sambil menikmati angin dan deburan ombak. Meskipun beberapa pantai dapat terlihat langsung dari jalan, namun kurang rasanya jika kita tidak turun ke pantai dan berswafoto dengan latar belakang pantai. Ditambah dengan menikmati berbagai kuliner khas Jawa Timur yang dijajakan.

10. Merestorasi diri di Kawasan cagar budaya Trowulan

Berlibur tidak hanya tentang refreshing dan healing saja, namun bisa juga sarana untuk merestorasi diri menjadi pribadi yang lebih baik melalui wisata sejarah dan budaya. Salah satu destinasi wisata yang cocok adalah kawasan cagar budaya Trowulan di Mojokerto. Trowulan pernah menjadi sejarah kebesaran Kerajaan Majapahit  dan mendapat julukan Bumi Majapahit. Disini sobat wisata bisa berkunjung ke beberapa lokasi daya tarik wisata dan belajar tentang sejarah Majapahit di Candi Brahu, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Wringin Lawang, dan Museum Majapahit. Sobat wisata juga bisa belajar tentang pembuatan kerajinan dari kuningan di Desa Bejijong atau berswafoto dengan latar belakang Patung Budha Tidur.

5 dari 5 halaman

11. Staycation di Kawasan Wisata Trawas Mojokerto Hingga Tretes Pasuruan

Jika sobat wisata ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan memilih lokasi yang tidak jauh dari Surabaya, maka bisa memilih berwisata di sekitar kawasan Trawas Mojokerto atau Tretes Pasuruan. Terkenal dengan hawa sejuk pegunungan menjadikan kedua lokasi ini selalu ramai dikunjungi saat liburan. Jangan khawatir dengan akomodasi, selain hotel berbintang disini tersedia pula villa dan homestay yang bisa disewa.

Daya tarik wisata di sekitar lokasi ini pun banyak seperti Taman Safari Indonesia 2 di Prigen, Cimory Dairy Land, Agrowisata Bhakti Alam, Kaliandra Eco Resort, Air Terjun Putuk Truno, Desa Wisata Ketapanrame dan masih banyak lagi. Jangan lupa menikmati berbagai kuliner seperti sate dan durian yang sangat mudah ditemui di sepanjang kanan dan kiri jalan.

12. Berwisata sambil belajar di Desa Wisata

Selain daya tarik wisata alam, budaya dan buatan, Jawa Timur juga memiliki Desa Wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi selama musim liburan. Beberapa diantaranya bahkan pernah meraih gelar Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mari mencoba pengalaman baru seperti menikmati tari gandrung dan wisata alam Sendang Seruni di Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, menghirup sejuknya hawa pegunungan lereng Semeru di Desa Wisata Ranu Pani Lumajang, menikmati senja nan eksotis di Desa Wisata Tirta Agung Bondowoso, wisata kota tua di Kampung Heritage Kajoetangan Malang, menikmati hamparan taman bunga Edelweis di Desa Wisata Wonokitri Pasuruan, berselancar di Desa Wisata Bowele Malang sampai dengan menikmati durian di Desa Wisata Durensari Trenggalek. Sangat menarik bukan!

13. Bertafakur di 5 Makam Walisongo

Berlibur di destinasi wisata religi juga bisa menjadi pilihan menghabiskan libur akhir tahun. Jawa Timur dikenal sebagai bumi wali, pasalnya ada 5 wali dari 9 wali tokoh penyebar agama Islam di Indonesia yang dimakamkan di Jawa Timur. Destinasi wisata tersebut biasanya ramai dikunjungi peziarah saat akan memasuki bulan Ramadhan.

Kelima destinasi wisata tersebut adalah Makam Sunan Ampel atau Raden Rahmat di Taman Bungkul Surabaya, Makam Sunan Gresik atau Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Makam Sunan Giri atau Raden Paku di Gresik, Makam Sunan Drajat atau Raden Qasim di Lamongan, dan Makam Sunan Bonang atau Syekh Maulana Makdum Ibrahim di Tuban.

Selain destinasi di atas, tentu saja masih banyak destinasi wisata di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi di momen liburan akhir tahun ini. Kalian bisa mendapatkan berbagai informasi wisata menarik lainnya melalui website www.disbudpar.jatimprov.go.id atau sosial media @disbudparjatimprov dan @eastjavatrip_id.

Yuk liburan #DiJatimAja!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.