Sukses

Bukan Korea Selatan, Jepang Masih Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Indonesia Saat ke Luar Negeri

Meski demam K-Pop dan K-Drama melanda Indonesia, kenapa minat orang Indonesia ke Jepang masih lebih banyak dibandingkan ke Korea Selatan?

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru yang tinggal dua bulan lagi, sudah banyak orang yang menyusun rencana untuk bepergian ke dalam negeri maupun ke luar negeri. Sepanjang tahun ini, ada beberapa negara yang jadi destinasi favorit wisatawan Indonesia.

Salah satunya adalah Jepang. Negeri itu bahkan yang paling sering dikunjungi wisatawan Indonesia mengungguli negara-negara lainnya, termasuk Korea Selatan. Meski demam K-Pop dan K-Drama melanda Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, minat orang Indonesia ke Jepang masih lebih banyak dibandingkan ke Korea.

"Kalau dari data kita sampai pertengahan tahun ini, pemesan tiket perjalanan ke luar negeri yang terbanyak masih ke Jepang, di luar destinasi ke negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Kalau ke Korea Selatan juga termasuk yang terbanyak tapi masih jauh di bawah Jepang," ungkap Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com pada Liputan6.com di kantornya di Kawasan Slipi, Jakarta Barat, Selasa, 24 Oktober 2023.

"Iya Indonesia memang dilanda demam Korea jadi banyak yang berminat liburan ke Korea, tapi Jepang lebih stabil dan bahkan di tahun-tahun sebelumnya, Jepang, termasuk tujuan favorit wisatawan Indonesia. Ada banyak penyebabnya, salah satunya destinasi wisata di Jepang lebih banyak dan beragam, tiap daerah punya ciri tersendiri dan disukai semua umur dari anak sampai orang tua," lanjutnya.

Untuk destinasi dalam negeri, menuurt Gaery, Bali masih jadi tujuan paling favorit. Bandung, Jakarta, Surabaya dan Medan juga masih banyak diminati. "Yang paling menunjukkan perkembangan adalah Labuan Bajo. Kalau soal jumlah wisatawan memang masih jauh dari destinasi favorit seperti ke Jawa dan Bali, tapi secara persentase kenaikan termasuk yang tertinggi," jelas Gaery.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Refund 100 Persen untuk Tiket Pesawat Domestik

Menjelang momen liburan akhir tahun, tiket.com menggelar program diskon sensasional Online Tiket Week (OTW) yang sudah berlangsung sejak Rabu, 25 Oktober 2023., OTW kini kembali dengan Harga Gledek yang menawarkan diskon hingga 50% + 20% khusus pada pukul 17:00 - 21:00 WIB. Lewat kesempatan ini, Anda bisa menikmati best deals untuk seluruh kebutuhan bepergian, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga atraksi wisata, baik domestik maupun internasional.

Perencanaan liburan akhir tahun dengan OTW menjadi lebih aman dengan hadirnya fitur tiket 100% persen refund yang akan memberikan jaminan pengembalian atas pembatalan tiket pesawat untuk pilihan rute dan penerbangan domestik, serta kode promo khusus pengguna baru dengan cashback hingga Rp1 juta.

"Liburan akhir tahun merupakan salah satu momen puncak kunjungan wisatawan, sehingga punya potensi luar biasa yang harus dimanfaatkan untuk terus mendorong akselerasi pemulihan sektor pariwisata nasional. Lewat OTW ini kita berusaha membantu masyarakat dalam merealisasikan semua rencana perjalanan dengan harga Gledek yang ramah di kantong," kata Gaery.

 

3 dari 4 halaman

Momen Tepat Membeli Tiket Liburan Akhir Tahun

"Kalau saran dari kita, momen OTW ini bisa dimanfaatkan untuk membeli tiket liburan akhir tahun dengan harga yang bisa dibilang masih normal, karena kalau membeli tiket jelang liburan akhir tahun di bulan Desember misalnya, harganya pasti sudah naik berkali-kali lipat," tutur Gaery.

Mengutip data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI per semester I/2023, kebangkitan industri pariwisata terlihat dari kenaikan jumlah pergerakan wisatawan nusantara di meningkat 12,57 persen bila dibandingkan dengan periode sama di 2022. Sementara, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, meningkat 197 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama di 2022.

Hal itu menunjukkan bahwa pemulihan sektor pariwisata tengah menguat, serta membawa angin segar bagi seluruh pelaku industri yang berusaha menghidupkan geliat pariwisata kembali setelah sebelumnya sempat terdampak akibat pandemi. Melihat pertumbuhan yang positif di sepanjang 2023, tiket.com kian optimis terhadap pemulihan sektor pariwisata di tahun-tahun mendatang.

OTW menghadirkan berbagai pilihan transportasi (pesawat, kereta api, sewa mobil, hingga jemputan bandara), akomodasi (hotel, villa, dan apartemen), hingga tiket To Do (tempat wisata dan atraksi, travel essentials, kegiatan rekreasi, hingga event) dengan diskon spesial sepanjang hari mulai dari 25 Oktober 2023.

4 dari 4 halaman

Harga Gledek di Program OTW

Sepanjang periode tersebut, masyarakat juga dapat menikmati tambahan promo berupa Harga Gledek dengan diskon 50% + 20% yang akan nyamber khusus di jam gledek pada pukul 17.00 - 21.00 WIB untuk semua lini produk tiket.com, baik domestik maupun internasional.

Mereka juga membagikan trik khusus yang akan semakin menjadikan liburan hemat dan tentunya next level dengan dengan berbagai pilihan jasa sewa kendaraan, layanan antar jemput bandara, hingga kereta api yang terjangkau. Anda bisa menyiiapkan diri menikmati momen berlibur yang next level dengan promo OTW berikut ini:

1. Promo Harga Gledek untuk Sewa Mobil dengan diskon spesial hingga 50% + 20% bisa jadi salah satu opsi transportasi darat sehingga pengalaman liburan makin nyaman sesuai ritme liburan sobat tiket.

2. Promo Harga Gledek untuk Jemputan Bandara (Airport Transfer) dengan potongan harga maksimal Rp150.000 adalah opsi efisien dan menyenangkan bagi sobat tiket dan rekan liburan.

3. Promo OTW untuk Tiket Kereta Api dengan diskon spesial hingga Rp500.000 cocok bagi turis yang menginginkan irama liburan yang lebih santai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini